CB Fest juga ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat berbagai hal tentang layanan kebanksentralan
Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Central Banking Services Festival 2023 (CBFest 2023) untuk memperkuat layanan kebanksentralan kepada mitra strategis dan pemangku kepentingan.

Festival CBFest 2023 yang mengusung tema “Leveraging Digital Central Banking Services for Economic Recovery" dimulai dengan kegiatan Fun Walk atau jalan sehat bersama yang melibatkan seluruh pengguna layanan kebanksentralan, bertempat di Kawasan Wisata Kota Tua, Jakarta, Minggu.

Dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyebutkan CB Fest juga ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat berbagai hal tentang layanan kebanksentralan.

BI sebagai bank sentral selain melaksanakan kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran, juga memiliki tugas melaksanakan layanan jasa kebanksentralan dalam perannya sebagai pemegang kas pemerintah.

Adapun bentuk layanan kebanksentralan tersebut mencakup layanan perizinan terpadu, layanan penyelesaian transaksi pemerintah dan penyelesaian transaksi tresuri.

Ia menegaskan, BI senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi, serta penguatan infrastruktur layanan kebanksentralan secara elektronik melalui digitalisasi untuk menjawab kebutuhan pengguna antara lain, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), perbankan, lembaga selain bank, dan mitra strategis lainnya.

​Turut serta dalam kegiatan tersebut mitra strategis BI, antara lain adalah Kemenkeu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Perhimpunan Bank-Bank Nasional (Perbanas), Himpunan Bank Negara (Himbara), serta asosiasi maupun Penyedia Jasa Sistem Pembayaran.

Penyelenggaraan layanan kebanksentralan bertujuan untuk mendukung pelaksanaan tugas BI di bidang moneter, makroprudensial, dan Sistem Pembayaran-Pengelolaan Uang Rupiah (SP-PUR).

Pasca pembukaan, kegiatan CBFest 2023 selanjutnya yakni Road to Summit yang merupakan penyelenggaraan National Talks dan Forum Koordinasi Perizinan dan Layanan Kebanksentralan, serta diakhiri dengan Summit Events yaitu International Talks dan Forum Koordinasi BI dan Kemenkeu.

Erwin berharap penyelenggaraan CBFest 2023 dapat meningkatkan sinergi dan mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi dan di tengah ketidakpastian global yang terjadi. BI senantiasa membangun sinergi yang erat bersama pemerintah dalam rangka harmonisasi koordinasi kebijakan moneter dan fiskal.

Baca juga: BI bersinergi dengan perguruan tinggi dorong literasi keuangan UMKM
Baca juga: BI sebut cadangan devisa Indonesia Mei capai 139,3 miliar dolar AS

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023