Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Georg Witschel, mengharapkan kehadiran perwakilan Kabinet Pemerintah Indonesia Bersatu II pada pameran mesin dan peralatan konstruksi Bauma 2013 di Munchen Jerman pada 15 - 21 April 2013.

"Selain Bauma, Indonesia juga menjadi negara mitra dalam pameran Pariwisata Internasional di Berlin (ITB) 2013," kata Witschel di Kedutaan Jerman di Jakarta, Kamis, tentang pameran yang akan diselenggarakan pada 6-10 Maret 2013 itu.

Witschel mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan membuka paviliun Indonesia pada pameran pariwisata di Ibukota Jerman itu dan mengunjungi area pameran bersama para delegasi bisnis Indonesia.

Indonesia-Jerman, menurut Witschel, mengharapkan peningkatan nilai perdagangan bilateral pada 2013 dari total 6,7 miliar dolar AS pada 2011 dan pertumbuhan perdagangan yang mencapai sembilan persen hingga Oktober 2012.

Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle akan mengajak sembilan delegasi bisnis dari berbagai sektor industri Jerman untuk melihat peluang investasi di Indonesia.

"Kami tidak bisa memilih-milih (delegasi bisnis) infrastruktur saja yang hadir bersama Menlu Westerwelle. Kami juga harus melihat potensi investasi selain infrastruktur terutama sektor industri dan manufaktur," kata Wakil Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Heidrun Tempel.

Tempel mengatakan dalam sesi penjelasan sebelum bertemu Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan pebisnis Indonesia, delegasi bisnis Jerman akan membahas kondisi terakhir perekonomian Indonesia seperti pasar tenaga kerja, upah minimal, keamanan sosial, dan pertumbuhan konsumsi.

(I026)

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013