Kami mengoptimalkan sarana, pangsa pasarnya untuk melayani masyarakat, menimbulkan animo masyarakat
Solo (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia (KAI) berupaya mengoptimalkan sarana dan prasarana pada Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat.
 
Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo di Solo, Minggu mengatakan salah satu upaya yang dilakukan oleh KAI pada Gapeka 2023 ini dengan mengoperasikan beberapa KA baru.
 
Beberapa kereta api baru yang dioperasionalkan dengan rute Stasiun Solobalapan yakni KA Manahan dengan rute Solo-Gambir dan KA Banyubiru dengan rute Solo-Semarang.

Baca juga: Waktu tempuh KA dari Daop 6 akan lebih cepat hingga sekitar satu jam
 
Bahkan, dikatakannya, KA Banyubiru ini sebelumnya pernah dioperasionalkan namun saat ini dengan kecepatan yang lebih tinggi, yakni dari 2 jam 50 menit menjadi 2 jam 2 menit.
 
"Kami mengoptimalkan sarana, pangsa pasarnya untuk melayani masyarakat, menimbulkan animo masyarakat," katanya.
 
Sama halnya KA Manahan yang dioperasionalkan untuk memenuhi tingginya kebutuhan masyarakat pada rute Solo-Jakarta.
 
Direktur Pengelolaan Prasarana PT KAI (Persero) Heru Kuswanto mengatakan rangkaian KA Manahan terdiri dari delapan kereta dengan masing-masing kereta berkapasitas 50 penumpang sehingga totalnya KA Manahan dapat membawa 400 penumpang.
 
Ia mengatakan pemberian nama Manahan karena membawa spirit Solo. Di Solo, Manahan merupakan nama kelurahan dan dijadikan nama stadion kebanggaan Kota Solo.
 
"Harapannya dengan memberikan nama Manahan ada spirit lokal yang penuh dengan semangat pembaharuan, inovasi, dan kearifan yang sifatnya melayani. Makanya kami namakan Manahan," katanya.

Baca juga: 85.919 penumpang lakukan perjalanan dari KAI Daop 8 saat libur panjang

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023