Harapannya, melalui kegiatan IKRA triwulan II ini semangat dan antusiasme masyarakat semakin meningkat
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta menyebut sebanyak 5.335 keluarga di Jakarta berpartisipasi mengikuti kegiatan literasi Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) pada triwulan II periode Mei hingga Juni 2023.

Kegiatan literasi ini merupakan lanjutan dari rangkaian program literasi pada triwulan I periode April hingga Mei 2023.
 
"Harapannya, melalui kegiatan IKRA triwulan II ini semangat dan antusiasme masyarakat semakin meningkat sehingga dapat menyasar lebih banyak masyarakat, khususnya keluarga. Hal itu juga ditujukan agar membaca dijadikan budaya yang memberikan manfaat," kata Kepala Dispusip DKI Jakarta Firmansyah di Jakarta, Rabu.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan unsur-unsur terkait seperti kecamatan, kelurahan, dan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) wilayah DKI Jakarta dalam mendistribusikan buku bacaan kepada masyarakat (keluarga).
 
Lebih lanjut, Firmansyah menjelaskan bahan bacaan yang disediakan pada kegiatan IKRA sangat bervariasi, mulai dari buku cerita atau dongeng untuk anak, hingga buku pengetahuan dan keterampilan untuk orang tua.
 
Bahan bacaan tersebut dipinjamkan selama 14 hari atau lebih. Pada rentang waktu tersebut, peserta dapat memanfaatkannya melalui kegiatan membaca dan meringkas bahan bacaan bersama keluarga.
 
Setelah itu, peserta dapat mempublikasikan hasil bacaannya dan meringkas di akun media sosial masing-masing peserta dalam bentuk foto dan video.
 
"Kegiatan membaca dan menulis ringkasan bahan bacaan tersebut diharapkan membuat peserta tidak hanya memahami isi bahan bacaan, namun juga memperoleh ide atau gagasan yang inovatif sehingga menghasilkan karya yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat," jelas Firmansyah.
 
Sebagai bentuk apresiasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta memberikan e-sertifikat kepada seluruh peserta IKRA dan lima peserta terbaik.
 
Selain itu, peserta juga memperoleh hadiah menarik yang disediakan Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi untuk mendorong minat baca masyarakat serta mewujudkan budaya membaca bagi semua kalangan.
Baca juga: Teknologi AI makin marak, Disdik DKI Jakarta latih guru dan kepsek
Baca juga: Jakarta Barat sebar ratusan titik baca tingkatkan literasi warga
Baca juga: Kompetisi literasi dan numerasi bantu siswa tingkatkan daya nalar

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023