tinggal proses pengaspalan
Jakarta (ANTARA) - Progres pembangunan u-turn (putar balik)  di Jalan Kembangan, tepatnya di depan Kantor Sub Kogartap 0503, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat telah mencapai 80 persen.

"Hingga saat ini, tahap pembangunan u-turn baru di Jalan Kembangan Raya, tepatnya di depan Kantor Sub Kogartap 0503 Jakarta Barat sudah mencapai 80 persen," kata Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat, Khairul Imam di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan pembangunan u-turn tersebut sudah dimulai kemarin pada Selasa (30/5)  dan diusahakan akan selesai 100 persen malam ini.

"Hingga sekarang sudah capai 80 persen progresnya. Lalu tinggal proses pengaspalan yang akan dilakukan sampai malam. Jadi malam ini sudah akan selesai, 100 persen," ungkap Khairul.

Ia juga mengatakan pembangunan u-turn baru tersebut juga melibatkan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota  (Sudin Tamhut) Jakarta Barat karena adanya tumbuhan dan pohon di median jalan.

Ia melanjutkan pembangunan u-turn hari ini dilanjutkan  sekitar 20 orang petugas dari Sudin Bina Marga Jakarta Barat untuk membongkar taman di median Jalan Kembangan Raya, lalu diganti dengan konstruksi jalan.

Akhir pekan ini, Khairul berkata akan ada pihak Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Barat yang datang untuk menguji coba u-turn tersebut.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Barat akan menutup secara permanen u-turn di Jalan Kembangan Raya, tepatnya di dekat gardu listrik, Kecamatan Kembangan dan sebagai gantinya akan dibuat u-turn tepat di depan Kantor Sub Kogartap 0503 Jakarta Barat.

Imron mengatakan penutupan u-turn di lokasi tersebut karena kerap terjadi kemacetan panjang saat jam berangkat dan pulang kerja. Kemudian juga sering terjadi kecelakaan yang diakibatkan pengendara yang melintas di Jalan H. Mading yang memang dekat dengan u-turn langsung menyeberang ke u-turn.
Baca juga: JLNT Pluit terbengkalai jadi hunian PPKS
Baca juga: Dishub DKI kaji rencana penutupan putaran balik Jalan Antasari
Baca juga: Jasa Marga rekonstruksi rigid Tol Jakarta-Cikampek

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023