Untuk pertama kalinya, posisi spesialis muatan akan dibuka bagi warga dari Hong Kong dan Makau
Jiuquan, China (ANTARA) - Seleksi taikonaut batch keempat yang sekaligus pula merupakan generasi baru astronaut China, berlangsung sesuai rencana dan akan rampung pada akhir tahun ini, demikian diumumkan Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) dalam sebuah konferensi pers pada Senin (29/5).

Proses seleksi itu diluncurkan pada 2022 dan akan menghasilkan 12 hingga 14 taikonaut cadangan yang akan direkrut, masing-masing dengan spesialisasi yang berbeda, seperti pilot wahana antariksa, insinyur penerbangan, dan spesialis muatan (payload), papar Juru Bicara CMSA Lin Xiqiang.

"Untuk pertama kalinya, posisi spesialis muatan akan dibuka bagi warga dari Hong Kong dan Makau," ungkap Lin.

Pada Maret 2023, tahap pertama proses seleksi telah rampung dan kemudian lebih dari 100 kandidat memasuki putaran kedua, termasuk 10 lebih di antaranya berasal dari Hong Kong dan Makau.

Dikatakan Lin, kandidat untuk posisi pilot wahana antariksa diseleksi dari kalangan pilot militer aktif, sementara insinyur penerbangan dan ahli muatan dipilih dari sektor industri serta perguruan tinggi dan universitas.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023