Jakarta (ANTARA) - Selama sepekan (22-27 Mei), berbagai peristiwa politik telah diberitakan ANTARA mulai dari Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Islam Iran Seyyed Ebrahim Raisi hingga mantan menteri Sarwono Kusumaatmaja tutup usia.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Jokowi terima kunjungan kenegaraan Presiden Iran di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan kenegaraan Presiden Republik Islam Iran Seyyed Ebrahim Raisi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Presiden Ebrahim Raisi bersama delegasi tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.30 WIB, diiringi Pasukan Nusantara, Pasukan Berkuda, dan Korps Musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Selengkapnya baca di sini.

2. Gibran penuhi panggilan PDI Perjuangan karena bertemu Prabowo

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memenuhi panggilan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Jakarta, Senin, untuk memberikan klarifikasi soal pertemuannya dengan Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Berdasarkan pantauan ANTARA di Jakarta, Senin, Gibran tiba di Kantor DPP PDI Perjuangan di Jakarta Pusat, pukul 10.28 WIB, dengan didampingi seorang ajudan bernama Yusuf.

Selengkapnya baca di sini.

3. ATR/BPN terbitkan edaran baru menyangkut kawasan IKN Indonesia baru

Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) segera menerbitkan edaran baru menyangkut pertanahan di kawasan Ibu Kota Negara atau IKN Indonesia baru bernama Nusantara yang ditetapkan pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

"Ada indikasi transaksi jual beli lahan masih dilakukan setelah IKN Nusantara ditetapkan," ujar Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni melalui keterangan pers tertulis yang diterima di Penajam, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

4. Anggota DPR inisial B dilaporkan ke MKD atas dugaan KDRT

Anggota DPR RI berinisial B dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, Senin, atas dugaan pelanggaran kode etik terkait kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) kepada istrinya yang berinisial M.

"Hari ini kami lakukan pengaduan tersebut, masalah yang dialami karena itu adalah hal yang terkait dengan etika moral seorang anggota dewan yang seharusnya tidak dilakukan. Hari ini kami melaporkan, dan laporan kami baru saja diterima. Ini tadi baru diterima," kata kuasa hukum korban Srimiguna di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

5. Mantan menteri Sarwono Kusumaatmaja tutup usia

Mantan menteri era Presiden Soeharto dan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Sarwono Kusumaatmaja, tutup usia di Penang, Malaysia, pada pukul 15.14 waktu setempat.

“Kami keluarga besar Partai Golkar merasakan dukacita mendalam atas kepergian tokoh sekaligus senior kami, Bapak Sarwono Kusumaatmadja,” ujar anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

Baca juga: Mantan Menteri Sarwono Kusumaatmadja dikenal senang berbagi ilmu

Baca juga: Kasus KDRT politikus PKS masuk tahap penyelidikan lanjutan

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023