Tokyo (ANTARA) - Dolar AS terangkat ke level tertinggi dua bulan terhadap euro dan puncak enam bulan versus yen di awal sesi Asia pada Kamis pagi, karena ekonomi AS yang tangguh membuat para pedagang mengurangi taruhan mereka pada penurunan suku bunga tahun ini.

Greenback juga diuntungkan dari permintaan untuk tempat berlindung yang aman, secara paradoks karena kebuntuan negosiasi plafon utang AS mengancam gagal bayar segera setelah 1 Juni, ketika Departemen Keuangan telah memperingatkan bahwa mereka tidak akan mampu membayar semua tagihannya.

Dolar menyentuh 1,07425 per euro di awal sesi Asia untuk pertama kalinya sejak 24 Maret, dan tetap terangkat ke perdagangan terakhir di 1,0748 dolar. Dolar juga dibeli 139,66 yen, level yang terakhir terlihat pada 30 November.

Dengan hanya satu minggu tersisa hingga "tanggal-X" untuk resolusi plafon utang, dan Kongres yang terpecah juga membutuhkan beberapa hari untuk meloloskan undang-undang, investor menjadi semakin gelisah.

Fitch menempatkan peringkat utang "AAA" Amerika Serikat pada pengawasan negatif pada Rabu (24/5/2023), menambah kesan krisis yang akan segera terjadi.

"Dolar telah melihat pergerakan yang bagus dan solid lebih tinggi, dan ada alasan bagus untuk itu," kata Tony Sycamore, seorang analis di IG Markets, menunjuk terutama pada permintaan tempat berlindung di tengah kebuntuan plafon utang, serta tanda-tanda perlambatan yang meningkat di China dan Eropa.

"Saya percaya dolar bisa berada di puncak pergerakan 2,0 persen lebih tinggi lagi, dan Fitch bisa menjadi pemicunya."

Indeks dolar AS, yang mengukur mata uang terhadap enam mata uang utama lainnya termasuk euro dan yen, menyentuh level tertinggi dua bulan di 104,01.

Sycamore mengatakan penembusan berkelanjutan di atas 104 dapat melihat indeks menguji 106.

Tanda kelemahan terbaru dari Eropa berasal dari penurunan kepercayaan bisnis Jerman yang lebih buruk dari perkiraan.

Sementara itu, yuan memperbarui level terendah enam bulan dengan turun menjadi 7,0827 per dolar di pasar luar negeri.

Raksasa Asia itu telah melihat serangkaian indikator ekonomi yang mengecewakan, semuanya menunjuk pada permintaan konsumen yang lesu dan menunjukkan pemulihan pasca-pandemi telah berjalan dengan sendirinya.

Dolar Australia telah merasakan dampak dari pelemahan China secara akut karena ikatan perdagangannya yang erat, merayap ke level terendah baru 6,5 bulan di 0,6527 dolar AS.

Dolar Selandia Baru masih belum pulih dari guncangan dovish bank sentral pada Rabu (24/5/2023), yang memicu penurunan 2,2 persen. Pada Kamis, Kiwi tertekan ke level terendah sejak pertengahan November di 0,6085 dolar AS.

Ketahanan ekonomi AS dalam menghadapi kampanye pengetatan agresif Federal Reserve telah memangkas ekspektasi penurunan suku bunga tahun ini menjadi hanya seperempat poin pada Desember, dari sebanyak 75 basis poin sebelumnya.

Pasar uang meningkatkan peluangnya menjadi sekitar 1 dari 3 untuk kenaikan seperempat poin lainnya pada Juni, dengan beberapa pejabat Fed menunjukkan sikap hawkish baru-baru ini karena inflasi konsumen masih berjalan sekitar dua kali lipat dari target 2,0 persen.

"Apakah kita harus menaikkan atau melewatkan pada pertemuan Juni akan tergantung pada bagaimana data masuk selama tiga minggu ke depan," kata Gubernur Fed Christopher Waller pada Rabu (24/5/2023) di sebuah acara di California.

"Saya tidak mendukung penghentian kenaikan suku bunga kecuali kami mendapatkan bukti jelas bahwa inflasi bergerak turun menuju target 2,0 persen kami."

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023