RBNZ secara mengejutkan dovish dalam pesan dan perkiraannya
Singapura (ANTARA) - Dolar AS melemah di sesi Asia pada Rabu sore, tetapi tetap mendekati level tertinggi dua bulan karena negosiasi untuk menaikkan plafon utang AS berlarut-larut, sementara kiwi menukik satu persen setelah bank sentral Selandia Baru mengejutkan pasar dengan mengakhiri kenaikan suku bunga.

Reserve Bank of New Zealand menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin, seperti yang diharapkan, ke level tertinggi dalam lebih dari 14 tahun sebesar 5,5 persen dan pernyataan kebijakannya memperkirakan bahwa suku bunga akan berlaku hingga Juni 2024 - tidak berubah dari perkiraan sebelumnya.

"RBNZ secara mengejutkan dovish dalam pesan dan perkiraannya," kata Carol Kong, ahli strategi mata uang di Commonwealth Bank of Australia (CBA). "Berbeda dengan ekspektasi pasar, RBNZ mempertahankan puncak suku bunga yang diproyeksikan di 5,50 persen dan mengisyaratkan siklus pengetatannya telah berakhir."

Dolar Selandia Baru tergelincir 1,3 persen mendekati level terendah tiga minggu di 0,6165 dolar AS setelah keputusan tersebut. Dolar Australia turun 0,24 persen menjadi 0,659 dolar AS.

Sementara itu, kebuntuan di Washington atas negosiasi plafon utang telah membantu mengangkat dolar, meskipun itu dapat menyebabkan gagal bayar dan mendorong negara itu ke dalam resesi, karena investor memperkirakan hal itu dapat menimbulkan masalah yang lebih buruk bagi ekonomi global.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam saingan utamanya, berada di 103,43 pada jam Asia, tidak jauh dari puncak dua bulan 103,65 yang disentuh semalam.

Menteri Keuangan Janet Yellen telah memperingatkan bahwa pemerintah federal tidak lagi memiliki cukup uang untuk membayar semua tagihannya secepat 1 Juni, meningkatkan risiko gagal bayar yang merusak.

Investor sebagian besar menghindari investasi berisiko karena putaran pembicaraan lain antara Gedung Putih dan Partai Republik untuk menaikkan batas pinjaman berakhir pada Selasa (23/5/2023) tanpa ada tanda-tanda kemajuan.

"Meskipun kemungkinan gagal bayar teknis sangat rendah, tampaknya secara material lebih tinggi daripada kebuntuan pagu utang sebelumnya karena lanskap politik saat ini," kata Jake Jolly, kepala analisis investasi di BNY Mellon Investment Management, dikutip dari Reuters.

"Selain itu, tidak jelas bentuk kesepakatan utang apa yang akan diambil dan dampaknya terhadap prospek fiskal."

Di tempat lain, yen menguat 0,11 persen menjadi 138,42 per dolar, setelah menyentuh level terendah enam bulan di 138,91 semalam, sementara euro naik 0,09 persen menjadi 1,0778 dolar.

Sterling terakhir diperdagangkan di 1,2431 dolar, naik 0,17 persen hari ini, setelah menyentuh level terendah satu bulan di 1,2373 dolar pada Selasa (23/5/2023). Investor akan memperhatikan data inflasi dari Inggris yang akan menunjukkan apakah harga telah mereda.

Retorika hawkish dari pejabat Federal Reserve juga mengangkat dolar, dengan para pedagang mengantisipasi suku bunga tetap tinggi lebih lama.

Pasar memperkirakan peluang 27 persen untuk kenaikan 25 basis poin pada Juni, alat CME FedWatch menunjukkan, setelah kenaikan seperempat poin Fed awal bulan ini.

Investor akan mendapatkan lebih banyak petunjuk tentang kebijakan dari risalah pertemuan Fed Mei, yang akan dirilis pada Rabu waktu setempat.

"Kami menduga kasus dasar di antara pimpinan komite adalah bahwa siklus pengetatan mungkin sudah berakhir," kata Kevin Cummins, kepala ekonom di NatWest Markets.

"Retorika baru-baru ini dari beberapa pejabat tampaknya tertarik pada kenaikan tambahan, dan sentimen ini mungkin tercermin dalam nada risalah."

Baca juga: Dolar naik di awal sesi Asia, kecemasan pagu utang tekan selera risiko
Baca juga: Dolar menguat di tengah ketidakpastian negosiasi plafon utang AS
Baca juga: Rubel di dekat 80 terhadap dolar, tunggu dukungan pembayaran pajak

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023