Boyolali (ANTARA) - Rombongan calon haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Solo telah tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali di Provinsi Jawa Tengah, Selasa pagi, lebih awal dari jadwal semula.

Jamaah calon haji kloter pertama asal Kabupaten Grobogan Jateng tersebut dengan diantar sejumlah bus dari daerah tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali sekitar pukul 04.30 WIB atau lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan pada pukul 06.00 WIB.

Menurut Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Gentur Rama Indriyadi,  PPIH Embarkasi Solo telah menerima sebanyak 360 calon haji kloter satu dari Kabupaten Grobogan menurut jadwal tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali pada pukul 06.00 WIB, karena ada pertimbangan oleh petugas daerah, agar bisa melaksanakan Shalat Subuh di Embarkasi Solo, sehingga tibanya lebih awal.

Kendati demikian, Satgas Embarkasi Solo, dalam prosesi penerimaan kedatangan calon haji kloter pertama tetap berjalan melayani seperti biasa. Setelah masuk di Embarkasi Solo, calon haji diterima di Gedung Jedah seperti biasanya mengikuti cek kesehatan terakhir satu per satu jamaah dicek data kesehatannya. Setelah selesai baru diarahkan ke kamar di Gedung Mekah dan Madinah.

Gentur menyampaikan penyelenggaraan ibadah haji khusus tahun ini, memang dengan tagline yakni "Haji Ramah Lansia". Karena, difokuskan ada Satgas di bidang lansia dengan jumlah personel 20 orang untuk melayani khusus calon haji lansia dan risti.

"Kami sangat berharap dengan tim Satgas haji ramah lansia itu, bisa memberikan layanan maksimal kepada jamaah calon haji," katanya.

Jamaah calon haji kloter satu asal Grobogan ini, total jumlahnya 360 calon haji yang terdiri dari 352 calon haji, lima orang petugas kloter dan tiga orang petugas daerah. Kalau soal calon haji lansia sudah diberikan tanda dengan gelang merah dari daerah, yakni mempunyai penyakit bawaan atau resti, gelang resiko sedang dan hijau kondisi sehat.

Embarkasi Solo, jadwal kedatangan jamaah calon haji Selasa ini, ada empat kloter yakni pertama asal Grobogan, kedua juga Grobogan, ketiga gabungan Grobogan dan Demak dan keempat Demak.

Baca juga: KJRI: Jamaah jangan bawa jimat, bisa kena pasal sihir di Saudi

Calon haji kloter pertama Embarkasi Solo rencana diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Jateng, Rabu (24/5) , sekitar pukul 00.30 WIB. Kemudian, disusul calon haji kloter dua pada pukul 06.35 WIB, kloter ketiga pukul 12.05 WIB dan kloter keempat pukul 19.50 WIB.

"Rencana jamaah calon haji kloter pertama Embarkasi Solo asal Grobogan dilepas oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Gedung Muzdalifah," katanya.

Ketua PPIH Embarkasi Solo Musta'in Ahmad mengatakan proses sudah dimulai datang kloter satu Embarkasi Solo asal Grobogan dan secara umum kondisi calon haji sehat sesuai dengan SOP mengikuti proses cek kesehatan tahap akhir di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Setelah itu, calon haji tersebut ditempatkan di kamar-kamar asrama, kemudian nanti akan mendapatkan fasilitas lain akoudasi juga konsumsi selama di asrama. Selain itu, calon haji juga menerima kelengkapan diri seperti gelang identitas dan living coast serta paspor.

PPIH Embarkasi Solo pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, rencana akan memberangkatkan calon haji sebanyak 33.524 orang termasuk petugas kloter baik asal Jateng dan D.I Yogyakarta yang terbagi menjadi 95 kloter. ***3***

Baca juga: Kemenag: 1.028 calon jamaah haji Aceh tunda keberangkatan tahun 2023
Baca juga: Calon jamaah haji lansia diimbau jaga kebugaran jelang berangkat haji

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023