Kupang (ANTARA) - Tim SAR gabungan di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur berhasil mengevakuasi 12 orang penumpang dan awak kapal wisata KM Lalong Koe yang tenggelam di perairan Batu Tiga Kecamatan Boleng Kabupaten Manggarai Barat dalam kondisi selamat.

"Tim SAR telah melakukan evakuasi terhadap 12 orang dalam kondisi selamat dalam peristiwa tenggelamnya kapal wisata KM Lalong Koe di perairan Batu Tiga Kabupaten Manggarai Barat," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Mexianus Bekabel dalam keterangan tertulis yang diterima di Kupang, Sabtu malam.

Kapal wisata KM Lalong Koe tenggelam di perairan Batu Tiga Kabupaten Manggarai Barat sekitar 18.8 nautical mile dari pelabuhan KSOP Labuan Bajo.

Kapal wisata KM Lalong Koe ditumpangi 12 orang terdiri dari empat orang awak kapal dan tujuh orang wisatawan yaitu empat orang wisatawan domestik dan tiga orang wisatawan asing asal Jerman usai berwisata ke Taman Nasional Komodo.

Baca juga: Kapal wisata Lalongkoe tenggelam di Perairan Batu Tiga NTT

Baca juga: Kemlu: pencarian 17 WNI awak kapal China tenggelam terus dilakukan


Kapal wisata itu berangkat dari Pulau Komodo menuju ke Labuan Bajo, namun sekitar pukul 15.45 Wita saat berada perairan Batu Tiga, kapal diterpa angin kencang dan gelombang tinggi sehingga kapal tenggelam.

Mexianus Bekabel selaku SAR Mission Coordinator (SMC) menjelaskan ketika tim SAR gabungan tiba di lokasi kejadian untuk melakukan pencarian dan pertolongan, seluruh penumpang dan awak kapal telah berada di Kapal Wisata Larearea yang kebetulan melintas di lokasi kejadian sehingga langsung memberikan pertolongan terhadap para penumpang KM Lalong Koe yang naas tersebut.

Mexianus Bekabel menjelaskan tim SAR yang berada di Kapal RIB saat berada di lokasi kejadian langsung melaksanakan evakuasi terhadap empat orang penumpang yang mengalami cedera yaitu satu orang wisatawan domestik yang mengalami patah kaki dan tiga orang cedera ringan pada bagian kaki termasuk salah satu WNA asal Jerman.

"Para wisatawan yang mengalami cedera seluruhnya sudah di bawa ke RS Siloam untuk mendapat perawatan medis," kata Mexianus Bekabel.*

Baca juga: Tim SAR selamatkan seluruh penumpang kapal tenggelam di Haltim

Baca juga: Kemenkumham Sumut fasilitasi 22 warga India dari kapal karam di Nias

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023