Boyolali (ANTARA) - Kebun Raya Indrokilo Kabupaten Boyolali di Provinsi Jawa Tengah telah mendapatkan penghargaan terbaik 1 Nasional 2023 dalam pembangunan dan pengelolaan kebun raya di Indonesia, dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

Pemerintah Kabupaten Boyolali mengapresiasi prestasi yang dicapai oleh Kebun Raya Indrokilo yang menjadi kebanggaan masyarakat di daerahnya, kata Bupati Boyolali M. Said Hidayat, di Boyolali, Sabtu.

Penghargaan Kebun Raya terbaik Nasional untuk Kebun Raya Indrokilo Boyolali tersebut diberikan langsung oleh Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI), Megawati Sukarnoputri, pada rangkaian acara Temu Pengelola Kebun Raya Indonesia, BRIDA dan Alumni Kalpataru, di Kebun Raya Bogor, pada Rabu (17/5).

Bupati M Said berharap melalui penghargaan tersebut Kebun Raya Indrokilo Boyolali mampu meningkatkan kepedulian semua pihak pada alam dan tugasnya adalah menjaga alam agar tetap lestari.

Baca juga: Kebun Raya Indrokilo Boyolali tambah koleksi lima spesies pohon langka
Baca juga: Pengunjung Kebun Raya Indrokilo Boyolali di libur Lebaran 2023 menurun


Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Kebun Raya Indrokilo Boyolali Lilik Triwahyuni menyampaikan pihaknya bersyukur atas capaian yang diraih kebun raya yang berlokasi di Kampung Tempurejo, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo ini.

"Hal ini, berkat dukungan Pemerintah Kabupaten Boyolali mulai dari diinisiasi hingga dibangun sangat berpengaruh terhadap kebun raya ini," kata Lilik.

Kebun Raya Indrokilo Boyolali mulai dari diinisiasi kebun raya hingga penyusunan master plan sampai dengan pembangunan saat ini, sudah mencapai sekitar 90 persen lebih berjalan.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Boyolali juga karena besarnya komitmen terhadap pembangunan Kebun Raya Indrokilo baik secara fisik maupun non fisik. Mulai dari pembangunan berproses sampai dengan saat ini pemerintah daerah perhatiannya luar biasa.

Kebun Raya Indrokilo Boyolali yang mempunyai lahan seluas 12 hektare ini, berhasil menyatukan lima fungsi kebun raya yakni sebagai sarana konservasi, pendidikan, penelitian, rekreasi dan jasa lingkungan. Bahkan, Indrokilo memiliki tujuh ikon yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Ketujuh ikon tersebut, antara lain ada Gerbang Pasingsingan, Patung Sosro Birowo, Taman Paku, Labirin, Air Terjun Niagara, Ecological House dan fitur lukisan kolam pada Bahtera Nabi Nuh. 

Baca juga: Patung "Sosro Birowo" akan dibangun di Kebun Raya Indrokilo
Baca juga: Legislator tanam pohon di Kebun Raya Indrokilo-Boyolali
Baca juga: Pengunjung Kebun Raya Indrokilo digratiskan hingga Lebaran

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023