Itu menghilangkan satu hambatan bagi The Fed untuk terus menaikkan suku bunga.
Singapura (ANTARA) - Dolar Amerika Serikat (AS) menguat mendekati puncak enam bulan terhadap yen di sesi Asia pada Jumat sore, dan menekan euro ke level terendah lebih dari tujuh minggu, karena optimisme atas pembicaraan plafon utang di Washington meningkatkan ekspektasi suku bunga AS akan tetap lebih tinggi lebih lama.

Negosiator Demokrat mengatakan kepada Presiden Joe Biden pada Jumat bahwa mereka membuat "kemajuan yang mantap" dalam pembicaraan dengan Partai Republik yang bertujuan untuk menghindari gagal bayar AS, hanya beberapa hari setelah Biden dan tokoh Republik Kongres AS Kevin McCarthy menggarisbawahi tekad mereka untuk segera mencapai kesepakatan menaikkan pagu utang pemerintah sebesar 31,4 triliun dolar AS.

Hal itu meredakan ketakutan akan gagal bayar yang belum pernah terjadi sebelumnya dan bencana ekonomi, mendorong pasar untuk merevisi ekspektasi mereka tentang ke mana arah suku bunga AS.

Pada saat yang sama, data yang menunjukkan pasar tenaga kerja masih ketat, dengan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun lebih dari yang diharapkan minggu lalu, juga meningkatkan ekspektasi bahwa Federal Reserve dapat memberikan kenaikan suku bunga lagi bulan depan dalam sebuah penawaran. untuk menjinakkan inflasi.

Dolar AS tetap tinggi di perdagangan Asia pada Jumat sore dan terakhir dibeli 138,47 yen, setelah naik mendekati level tertinggi enam bulan di 138,75 yen di sesi sebelumnya.

Greenback mengincar kenaikan mingguan sekitar 2,0 persen terhadap mata uang Jepang, terbesar sejak Februari.

Euro jatuh ke level terendah lebih dari tujuh minggu di 1,0760 dolar AS, sementara indeks dolar AS naik 0,07 persen menjadi 103,57, mendekati level tertinggi dua bulan pada Kamis (18/5) di 103,63.

Indeks menuju kenaikan mingguan kedua berturut-turut hampir 0,9 persen.

"Optimisme tentang (pembicaraan) plafon utang telah berkontribusi pada repricing untuk The Fed ... fakta bahwa (kesepakatan) akan menghilangkan beban besar pada perekonomian, secara efektif," kata Ray Attrill, Kepala Strategi Valas di National Australia Bank (NAB).

"Itu menghilangkan satu hambatan bagi The Fed untuk terus menaikkan suku bunga," kata dia lagi.

Dua pembuat kebijakan Fed mengatakan pada Kamis (18/5) bahwa inflasi AS tampaknya tidak cukup cepat mendingin untuk memungkinkan Fed menghentikan kampanye pengetatannya.

Pasar uang sekarang memperkirakan peluang 33 persen Fed dapat menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin lagi bulan depan, dibandingkan dengan peluang sekitar 10 persen seminggu yang lalu, menurut alat CME FedWatch.

Pedagang juga memangkas ekspektasi pada skala penurunan suku bunga yang diharapkan akhir tahun ini, dengan suku bunga diperkirakan tepat di atas 4,6 persen pada Desember.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS telah naik didukung repricing Fed yang hawkish dan di tengah peningkatan sentimen risiko. Imbal hasil naik ketika harga obligasi turun.

Imbal hasil surat utang dua tahun, yang biasanya bergerak sejalan dengan ekspektasi suku bunga, bertahan di 4,2510 persen, sedangkan imbal hasil obligasi 10-tahun terakhir di 3,6402 persen.

Di antara mata uang lainnya, sterling turun 0,1 persen menjadi 1,2396 dolar AS. Aussie naik 0,2 persen menjadi 0,6635 dolar AS, setelah meluncur pada Kamis (18/5) terhadap dolar yang lebih kuat di tengah data yang menunjukkan bahwa lapangan kerja Australia secara tak terduga turun pada April.

Di Asia, inflasi konsumen inti Jepang tetap jauh di atas target bank sentral 2,0 persen pada April dan indeks utama yang menghilangkan dampak bahan bakar mencapai tertinggi baru dalam empat dekade, menjaga harapan tetap hidup bahwa bank sentral dapat mengubah stimulus besar-besaran tahun ini.

Di China, yuan memperpanjang penurunan baru-baru ini, dengan yuan dalam negeri dan luar negeri pada level terendah sejak Desember lalu di tengah penguatan dolar dan kekhawatiran tentang pemulihan ekonomi China yang tersendat.

"Pelemahan (yuan) dimulai setelah data aktivitas China mengecewakan," kata Christopher Wong, ahli strategi mata uang di OCBC. "Depresiasi mengumpulkan traksi setelah penembusan 7,00 (per dolar) dan tampaknya ada sedikit tanda-tanda tekanan balik dari pembuat kebijakan pada laju penurunan yang cepat," ujar dia lagi.
Baca juga: Dolar sedikit lebih tinggi ketika plafon utang AS menjadi sorotan
Baca juga: Data ekonomi dan pagu utang AS kerek dolar di awal sesi Asia

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023