Beijing (ANTARA) - BEIJING, 18 Mei (Xinhua) -- China membuka 382 museum baru pada 2022, sehingga total museum di seluruh negeri itu menjadi 6.565, demikian menurut data dari Administrasi Warisan Budaya Nasional (National Cultural Heritage Administration/NCHA) China pada Kamis (18/5), yang diperingati sebagai Hari Museum Internasional.

Sepanjang 2022, museum-museum di China dikunjungi oleh 578 juta orang, dengan penyelenggaraan sekitar 34.000 pameran luring dan hampir 230.000 kegiatan edukatif.

Sekitar 10.000 pameran daring dan lebih dari 40.000 lebih kegiatan edukasional daring diadakan oleh museum di seluruh China pada tahun lalu, menarik hampir 1 miliar penayangan (view), menurut data tersebut.

"Sistem museum modern dengan berbagai kategori dan subjek beragam yang tersedia secara universal untuk umum pada dasarnya telah terbentuk di China," kata Kepala NCHA Li Qun.

China celebrates this year's International Museum Day under the theme "museums, sustainability and better lives," with thousands of related activities taking place nationwide.

China merayakan Hari Museum Internasional tahun ini dengan tema "Museum, Keberlanjutan, dan Kehidupan yang Lebih Baik", dengan penyelenggaraan ribuan kegiatan terkait di seluruh negeri. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023