Toronto (ANTARA News) - Produsen elektronik meluncurkan model lemari es baru yang dilengkapi dengan perangkat pertukaran data nirkabel Wi-Fi yang bisa membantu pengguna memanfaatkan aplikasi untuk mencari resep masakan, membuat daftar belanja dan mencatat daftar tanggal kadaluwarsa makanan.

Perusahaan elektronik Samsung memroduksi lemari es model T9000 yang dilengkapi dengan layar sentuh  10 inchi yang diaktifkan dengan Wi-Fi serta beberapa aplikasi seperti Epicurious untuk mencari resep dan Evernote untuk mencatat.

"Lemari es, yang menghubungkan keluarga dan dapur, sekarang bisa menjadi pusat akses tanpa perlu mondar-mandir membawa tablet atau ponsel untuk mencari resep masakan atau hiburan," kata wakil direktur bagian peralatan rumah tangga Samsung Canada, Warner Doell, seperti dikutip Reuters.

"Anda dapat mengatakan, 'saya punya bahan-bahan makanan ini di lemari es, apa yang bisa saya masak?' dan alat ini akan menunjukkan resepnya," kata Doell.

Menurut Doell, layar sentuh pada pintu lemari es itu juga memungkinkan pengguna mengikuti berita, ramalan cuaca, bahkan aktif di jejaring sosial Twitter.

Perangkat itu juga dapat menggantikan tulisan tangan pada kalender dengan mengintegrasikan Google Calendar, dan menyajikan tampilan slide foto, katanya.

Lemari es ini juga memiliki aplikasi untuk membatu orang-orang yang mengalami kesulitan untuk melacak tanggal kadaluarsa makanan.

Lemari es pintar itu akan tersedia di seluruh dunia pada musim semi tahun ini dengan harga ritel 3.999 dolar AS atau sekitar Rp38,5 juta.

(M048)




Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013