Fuzhou, China (ANTARA/Xinhua-AsiaNet)- Dari tanggal 11 hingga 14 Mei, Zhou Zuyi, Sekretaris Komite Provinsi Fujian dan Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Provinsi Fujian, memimpin sebuah delegasi ke Malaysia. Berdasarkan kesepakatan yang dicapai antara para pemimpin negara China dan Malaysia, delegasi tersebut mengadakan berbagai kegiatan yang meliputi pertukaran ekonomi, perdagangan, dan budaya, memperbarui hubungan dengan komunitas Fujian di Malaysia, dan berusaha meningkatkan kerjasama antara Fujian dan Malaysia dalam bidang ekonomi, perdagangan, pariwisata, budaya, pendidikan, serta hubungan antarprovinsi dan antarkota, seperti yang dilaporkan oleh Kantor Informasi Pemerintah Provinsi Fujian.

Malaysia merupakan mitra perdagangan terbesar keempat bagi Fujian di ASEAN. Tahun lalu, perdagangan dua arah melebihi 60 miliar yuan. Kedua belah pihak juga mengalami pertumbuhan yang kuat dalam investasi saling-menyalakan dan pertukaran yang sering dalam bidang budaya, pendidikan, dan pariwisata. Di Kuala Lumpur, delegasi mengadakan Konferensi Promosi Budaya dan Pariwisata "Refreshing Fujian: Starting Point of the Maritime Silk Road" dan Simposium Kerjasama Industri China (Fujian) - Malaysia, memberikan daya dorong baru dan menciptakan peluang baru bagi kerjasama Fujian-Malaysia di bidang terkait.

Saat ini, terdapat lima pasangan hubungan antara Fujian dan Malaysia, yaitu Fujian dan Sarawak, Xiamen dan Penang, Quanzhou dan Kuching South, Putian dan Sibu, serta Ningde dan Sibu. Pendirian kemitraan tersebut membuka pintu bagi kunjungan saling-menyalakan yang sering, serta kerjasama yang pragmatis dan efektif dalam berbagai bidang dan bentuk.

Pada tahun 2016, Universitas Xiamen Malaysia diresmikan. Sebagai kampus luar negeri pertama yang didirikan oleh sebuah universitas China, kampus ini diakui sebagai salah satu sorotan dari Jalur Sutra Maritim Abad ke-21. Dari tahun 2018 hingga 2019, Fujian bersama kedutaan dan konsulat China di Malaysia mengadakan dua sesi Program Pertukaran Pemuda China-Malaysia. Pada tahun 2020, Forum Pertukaran dan Kerjasama Pemuda Fujian-ASEAN dilaksanakan secara daring.

Fujian, sebuah tanah yang penuh dengan vitalitas dan peluang, merupakan tempat bagi inovasi dan kewirausahaan. Provinsi ini sedang berusaha untuk mengembangkan dan meningkatkan ekonomi digital, ekonomi kelautan, ekonomi hijau, serta ekonomi berbasis budaya dan pariwisata. Investor dan pengusaha Malaysia sangat disambut untuk membuka dan memperluas kehadiran mereka di provinsi ini, serta bekerja sama dengan Fujian untuk menciptakan lebih banyak kisah sukses dalam kerjasama bisnis dan pertukaran budaya.



Sumber: Kantor Informasi Pemerintah Provinsi Fujian

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023