"Negara kita dibentuk atas dasar kesepakatan dan gagasan dari para pemuda sehingga melahirkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 yang merupakan cikal bakal terbentuknya NKRI,"
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta generasi muda terus menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan bangsa sebagaimana yang disuarakan oleh para pejuang kemerdekaan saat Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Lestari menjelaskan persatuan dan kesatuan bangsa harus senantiasa dijaga, karena itu menjadi fondasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta menjadi dasar dari keberhasilan pembangunan nasional.

"Negara kita dibentuk atas dasar kesepakatan dan gagasan dari para pemuda sehingga melahirkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 yang merupakan cikal bakal terbentuknya NKRI," kata Wakil Ketua MPR RI saat menerima kunjungan 275 siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Highscope Indonesia di Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta, Selasa.

Dia lanjut menyampaikan generasi muda Indonesia saat ini memegang peran penting, karena jumlahnya yang tumbuh signifikan. Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Badan Pusat Statistik per Maret 2022 ada 68,82 juta jiwa penduduk Indonesia yang masuk kategori pemuda, dengan persentase sebesar 24 persen dari total penduduk.

Sementara laporan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN Youth Report), ada 1,2 miliar anak muda berusia 15 tahun sampai dengan 24 tahun, yang prosentasenya mencapai 16 persen dari populasi dunia.

Oleh karena itu, generasi muda Indonesia harus menjadi garda terdepan menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa sebagaimana yang ditunjukkan para pejuang saat Sumpah Pemuda 1928, kata Lestari. Pasalnya, nasib bangsa ke depan ditentukan oleh generasi muda Indonesia.

Dia pun memanfaatkan pertemuan itu mengajak anak-anak muda mencari tahu tentang politik, dan ikut berkiprah di dunia politik. Menurut Lestari, partisipasi anak-anak muda di politik dapat mengubah citra politik yang kurang positif di masyarakat.

"Tetap jaga semangat untuk memperkokoh NKRI," kata Lestari kepada ratusan anak SMA yang berkunjung ke Ruang Nusantara IV, Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta.

Dalam pertemuan itu, Lestari tidak hanya memberi motivasi kepada para anak muda yang berkunjung ke kompleks parlemen, tetapi dia juga memberikan materi mengenai tugas dan kewenangan parlemen sebagai wakil rakyat, dan ketatanegaraan di Indonesia.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023