dari korsleting listrik mesin pompa air
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan menduga penyebab kebakaran bedeng proyek karena korsleting listrik mesin pompa air di Jalan Swadharma Raya RT01/RW08, Pesanggrahan.

"Dugaan sementara awalnya dari korsleting listrik mesin pompa air," kata perwira piket Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan Sukur Sarwono saat ditemui di Jakarta, Jumat.
Perwira piket Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan Sukur Sarwono memberikan keterangan kepada wartawan, Jakarta, Jumat (12/5/2023). ANTARA/Luthfia


Sukur menyebutkan sebanyak 30 pintu bedeng yang terbakar oleh si jago api sejak Jumat sore pukul 15.47 WIB.

Bedeng itu berisi 72 orang yang berhasil dipadamkan usai sejam setelahnya yakni pukul 16.50 WIB.

Baca juga: Sebuah mobil mewah terbakar di Jakarta Garden City

Sebanyak 65 personel dan 14 unit dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi yang luasnya 600 meter persegi (m2) dengan kerugian yang ditaksir Rp500 juta.

Sukur menuturkan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Berdasarkan laporan dari Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan, supervisor proyek Dian Aulia (30) mengetahui awal kebakaran dari petugas keamanan di bedeng pekerja.

Setibanya di lokasi, api sudah membakar setengah bangunan. Lalu salah satu satpam menuju ke kantor Sektor Damkar Pesanggrahan untuk meminta bantuan.

Baca juga: Pabrik cat berusia 64 tahun di Jakarta Utara terbakar

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023