Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengapresiasi respon Kepolisian Republik Indonesia yang menyiapkan konsep pengamanan baru untuk mendukung penyelenggaraan Liga 1 musim 2023/2024.

Erick diketahui telah memberikan jadwal Liga 1 musim depan kepada Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo pada Rabu (10/5). Pemberian jadwal itu kemudian direspon oleh pihak kepolisian dengan persiapan konsep pengamanan baru untuk dapat menyelenggarakan liga yang lebih baik dan nyaman bagi penonton, penyelenggara, serta klub sepak bola.

"Saya apresiasi respon cepat pihak Kepolisian RI yang langsung mengkaji jadwal Liga 1 musim mendatang sekaligus menyiapkan konsep baru pengamanan untuk mendukung kelancaran kompetisi sepak bola nasional," kata Erick melalui pernyataan tertulis yang diterima pewarta.

"Ini artinya, PSSI dan Polri punya komitmen kuat untuk bersama memperbaiki jalannya kompetisi liga dalam hal perizinan, pengaturan keamanan, serta memberikan kenyamanan bagi penonton, sponsor, klub, serta siaran televisi," tambahnya.

Baca juga: Erick Thohir serahkan jadwal Liga 1 Indonesia 2023/24 kepada Kapolri

Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendy menyatakan akan melakukan kajian bersama dengan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator liga untuk membahas berbagai aspek, terutama kenyamanan dan keselamatan para pemangku kepentingan, termasuk penonton.

"Kita akan duduk bersama dengan PSSI dan penyelenggara liga. Polri akan siapkan konsep baru penyelenggaraan liga yang lebih baik dan nyaman bagi penonton, penyelenggara, dan klub agar terjadi era baru di persepakbolaan Indonesia yang lebih maju dan berkelas," kata Agung.

Erick menekankan bahwa kerja sama dengan pihak kepolisian memang harus terus dilakukan agar dapat mendukung sepak bola untuk mencapai tahap yang profesional, aman, dan menghasilkan prestasi internasional.

"Polri akan selalu menjadi mitra bagi PSSI, karena ada keterkaitan dan saling membutuhkan koordinasi untuk menangani sepak bola yang merupakan olahraga favorit masyarakat kita agar semakin baik," pungkasnya.

Baca juga: Polri siapkan konsep baru penyelenggaraan liga sepak bola Indonesia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023