Bantuan modal usaha yang kita salurkan untuk mahasiswa ini merupakan salah satu upaya untuk memacu kemandirian mahasiswa dalam berwirausaha dan mampu menjadi pembuka lapangan kerja baru di masa mendatang,"
Banda Aceh (ANTARA News) - Sebanyak 70 mahasiswa di lingkungan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh mendapat bantuan modal usaha sebesar Rp8 juta/orang, Senin.

"Bantuan modal usaha yang kita salurkan untuk mahasiswa ini merupakan salah satu upaya untuk memacu kemandirian mahasiswa dalam berwirausaha dan mampu menjadi pembuka lapangan kerja baru di masa mendatang," kata Rektor Unsyiah Samsul Rizal di Banda Aceh.

Dijelaskannya, bantuan modal usaha untuk mahasiswa tersebut merupakan bagian dari Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang dicanangkan untuk membangun jiwa wirausaha bagi setiap lulusan perguruan tinggi di masa mendatang.

Ia menjelaskan, setiap mahasiswa penerima manfaat tersebut mendapat bantuan usaha sebesar Rp8 juta termasuk dengan potongan pajak dua persen untuk bantuan tersebut.

Ia mengatakan melalui bantuan dana tersebut, mahasiswa penerima manfaat diharapkan mampu meningkatkan kemampuannya dalam berbisnis dan bersaing dengan wirausaha lainnya.

Menurut dia, modal awal untuk menjadi seorang pelaku usaha antara lain adalah ketelitian dan mampu memanfaatkan peluang yang ada terhadap usaha yang digeluti oleh setiap wirausahawan.

"Kami yakin dengan membaca peluang yang akan mampu bersaing dengan produk lainnya yang ada di pasaran," katanya.

Ia menambahkan, dengan hadirnya wirausaha muda nantinya akan mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat lainnya, bukan haya mengandalkan sebagai pekerja di pemerintahan setelah menamatkan studi di perguruan tinggi.

"PMW bertujuan membentuk karakter mahasiswa yang memiliki motivasi untuk mampu menghidupkan dirinya sendiri dan orang lain, bukan berharap bekerja sebagai PNS semata," demikian Samsul.

(KR-IFL/R010)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013