Jakarta (ANTARA News) - Penjualan mobil di China dapat melebihi 20 juta untuk pertama kalinya pada tahun ini didorong pertumbuhan ekonomi dan urbanisasi. 

Pengiriman mobil dan bus akan naik tujuh persen pada tahun ini menjadi 20.650.000 unit terdorong tingginya permintaan kendaraan penumpang, kata Asosiasi Perusahaan Otomotif China (CAAM) dalam sebuah pernyataan di Beijing hari ini.  

CAAM memperkirakan penjualan kendaraan penumpang akan naik 8,5 persen menjadi sekitar 16,8 juta unit, sedangkan penjualan kendaraan komersial kemungkinan akan naik satu persen menjadi sekitar 3,85 juta unit. 

CAAM mengharapkan penjualan SUV untuk tumbuh lebih cepat, sedangkan kendaraan komersial akan meraup sedikit keuntungan sedikit.

Asosiasi itu juga mengatakan permintaan kendaraan akan didukung oleh urbanisasi dan ada potensi pasar yang besar untuk ekspor. 

"Sebuah kebijakan makro ekonomi yang berkesinambungan dan stabil sangat baik untuk pengembangan pasar otomotif," kata CAAM dalam sebuah pernyataan.  

Namun, laju pertumbuhan masih kurang dari seperempat tingkat stimulus 32 persen pada 2010, kota Beijing dan Guangzhou membatasi mobil-mobil baru untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan asap.  

Karena itu, para pemain besar seperti GM dan VW akan menyasar kota-kota kecil yang didominasi oleh merek lokal seperti dikutip inautonews pada Sabtu (12/1). (adm)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Copyright © ANTARA 2013