Kota Bogor (ANTARA) - Wali Kota Bogor, Jawa Barat Bima Arya Sugiarto menyampaikan Biskita Trans Pakuan akan terhubung dengan TransJakarta arah Cawang dengan konsep teknis yang masih dibicarakan Perumda Trans Pakuan dengan BUMD PT Transportasi Jakarta (TransJakarta).

"Yang kedua masalah kerja sama transportasi ya kami mengajak kerja sama Trans Pakuan dan TransJakarta. Jadi nanti layanannya akan dikerjasamakan, gitu," ujar Bima Arya saat diwawancarai di Kota Bogor, Jumat.

Bima menerangkan bahwa jalur yang akan dipakai oleh Trans Pakuan untuk terhubung ke TransJakarta kemungkinan tidak melewati Jalan utama Raya Depok untuk menghindari kepadatan lalu lintas di tengah kota.

"Enggak (jalur Depok), ada titik di Cawang nanti. mungkin layanan Trans Pakuan akan sampai Cawang. Pokoknya, nanti dicari titiknya disambungin, ada persambungan antara Trans Pakuan dan TransJakarta," katanya.

Bima Arya optimistis kerja sama antara Pemerintah Kota Bogor dengan Pemerintah DKI Jakarta untuk mengintegrasikan layanan transportasi Trans Pakuan dan Trans Jakarta akan segera terwujud.

"Teksnisnya masih dibicarakan, tapi Insya Allah tahun ini akan terwujud kerja sama Trans Pakuan dan TransJakarta," kata dia.

Halte TransJakarta Cawang Cikoko sudah resmi mulai beroperasi pada Jumat (17/2). Halte tersebut terintegrasi dengan intermoda yang lengkap. Ke depan, penumpang TransJakarta bisa langsung terhubung dengan KRL Commuter Line dan juga LRT Jabodebek.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto membahas rencana kerja sama di bidang transportasi untuk mempermudah mobilitas warga di kedua daerah saat pertemuan di di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (4/5).

"Hari ini saya kedatangan tamu yang luar biasa Wali Kota Bogor dan ada beberapa hal yang kami bahas terkait dengan transportasi, kami sudah berdiskusi jika ada kepadatan (lalu lintas) di Bogor akan difasilitasi oleh TransJakarta untuk bisa masuk ke Jakarta menggunakan bus TransJakarta," kata Heru.

Heru menyebutkan saat ini Pemprov DKI sedang mengurus perizinan ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) terkait penyediaan bus TransJakarta di Cibubur.

"Kami sepakat, ada penambahan layanan rute (Trans Pakuan) dari Bogor ke Cibubur (Jakarta). Kami menjemputnya, menyambungnya di Cibubur untuk masuk ke kota Jakarta (dengan TransJakarta). Saat ini kami sedang urus perizinannya ke BPTJ," ujar Heru

PT TransJakarta juga akan berdiskusi untuk pembahasan lebih lanjut dengan Perumda Trans Pakuan milik BUMD Pemkot Bogor untuk menentukan titik terang koordinasi perpindahan mobilitas warga dari dua wilayah tersebut sehingga konektivitas Jakarta dan Bogor bisa ditingkatkan.

Baca juga: MTI usulkan elektrifikasi menyeluruh transportasi perkotaan Jakarta
Baca juga: Transjakarta operasikan empat rute tujuan wisata selama libur Lebaran
Baca juga: Pemkot Bogor sampaikan rencana pemberlakuan tarif Trans Pakuan

 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023