Jakarta (ANTARA/JACX) – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dicopot dari jabatan sebagai Menteri Hukum dan HAM, demikian menurut unggahan video di media sosial Facebook berdurasi delapan menit pada Kamis (4/5).

Pencopotan jabatan Yasonna itu disebut terkait kabar monopoli bisnis sang anak, Yamitema Tirtajaya Laoly, di lembaga-lembaga pemasyarakatan.

Yamitema Tirtajaya menjadi buah bibir warganet Tanah Air karena diduga memonopoli bisnis seperti koperasi dan usaha lain di sejumlah lembaga pemasyarakatan.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“IMBAS BISNIS HARM SANG ANAK YASONNA LAOLY KINI DIPECT JADI MENTERI MENKUMHAM”

Namun, benarkah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dicopot dari jabatannya pada Kamis, terkait kabar monopoli bisnis sang anak?

Unggahan video disinformasi yang menarasikan Menkumham dicopot dari jabatannya karena isu monopoli lapas sang anak. Faktanya, dalam video tersebut tidak dijelaskan terkait pencopotan jabatan Menkumham. (Facebook)
Penjelasan:
Penelusuran ANTARA, video tersebut memuat pernyataan bahwa Yasonna Laoly dicopot dari jabatannya, sebagai Menteri Hukum dan HAM.

Video di Facebook itu justru berisi pernyataan Anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat, Santoso yang menyoroti dugaan monopoli bisnis di lapas oleh anak Yasonna.

Narator dalam video itu membacakan narasi dari Warta Ekonomi berjudul “Jika Terbukti Anaknya Memonopoli Bisnis Lapas, Yasonna Laoly Diminta Mundur dari Kursi Menteri”.

Laporan Warta Ekonomi itu berisi pernyataan dari Santoso yang mengatakan jika anak Yasonna terlibat dalam kasus monopoli lapas, Menkumham diharapkan mundur dari jabatannya.

Pada Selasa (2/5), Menkumham Yasonna membantah puteranya terlibat dalam bisnis di dalam lapas.

"Ah bohong besar itu, enggak ada. Nanti ada keterangan dari kalapasnya," kata Yasonna seperti dilaporkan ANTARA.

Hingga Jumat (5/5), belum ada tindakan dari pemerintah tentang dugaan monopoli bisnis yang dijalankan oleh Yamitema di lapas ataupun terkait jabatan Menkumham Yasonna.


Klaim: Yasonna dicopot pada Kamis, terakit monopoli bisnis anak
Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Jokowi pecat Prabowo dari jabatan menteri pertahanan

Cek fakta: Hoaks! Jokowi pecat 64 menteri karena pencucian uang

Baca juga: Wamenkumham bantah isu monopoli di lapas: Itu informasi menyesatkan

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023