Jakarta (ANTARA) -
Tim Nasional Indonesia U-22 unggul 1-0 atas Filipina pada pertandingan pertama Grup A SEA Games 2023 Kamboja yang dimainkan di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu sore WIB.
 
Gol semata wayang Indonesia dibukukan oleh gelandang Marselino Ferdinan menjelang babak pertama usai dengan memanfaatkan umpan kiriman pemain sayap kanan Rio Fahmi.
 
Indonesia mencoba menggempur sejak awal pertandingan. Pada menit ketiga, tim Garuda Muda mendapatkan peluang pertamanya melalui tembakan Witan Sulaeman dari luar kotak penalti, namun kiper Quincy Kammeraad mampu menepis bola.
 
Setelah peluang Witan tersebut, Indonesia terlihat sulit mengembangkan permainan. Anak-anak asuh pelatih Indra Sjafri itu memang mendominasi penguasaan bola, tetapi tidak mampu memberikan umpan matang kepada Ramadhan Sananta sebagai penyerang tengah atau menciptakan peluang bersih.

Kesulitan semakin bertambah dengan banyaknya pemain Filipina yang menempati kotak penalti mereka.

Baca juga: Marselino dan Arhan masuk sebelas pertama pada laga kontra Filipina

Situasi itu pun coba disiasati para pemain Indonesia dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti seperti yang dilakukan Ramadhan dan Ananda Raehan. Sayangnya kedua tembakan itu masih tidak tepat sasaran dan masih dapat ditahan kiper Quincy.
 
Rio kemudian mencoba mematahkan pertahanan Filipina dengan mengirim umpan kepada Ramadhan. Bola dapat diterima Ramadhan, namun sundulannya masih belum tepat sasaran.
 
Peluang berikutnya coba diciptakan oleh Jeam Kelly Sroyer yang mengirim umpan terobosan terukur kepada Ramadhan. Sepakan Ramadhan hanya mengenai jaring samping gawang, namun pemain PSM Makassar itu sudah terlebih dahulu berada dalam posisi offside.
 
Setelah itu Sroyer menjadi sosok yang juga memiliki peluang. Ia mendapat bola umpan tarik dari Rio, sebelum kemudian Sroyer melepaskan tembakan yang melambung ke atas mistar gawang.
 
Menjelang turun minum, gawang Indonesia sempat sedikit terancam saat Filipina melancarkan serangan balik, namun serangan itu dapat diantisipasi dengan baik oleh kiper Ernando Ari yang bergerak cepat meninggalkan gawangnya untuk membuang bola.
 
Kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-46. Rio kembali mengancam di sisi kanan untuk kemudian mengirimkan bola kepada Marselino yang melepaskan sepakan tanpa mengontrol bola untuk membuat bola melesak ke sudut kanan gawang Filipina.
 

Daftar susunan pemain:

Indonesia (4-3-3): Ernando Ari, Pratama Arhan, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Rio Fahmi, Ananda Raehan, Marselino Ferdinan, Beckham Putra, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Jeam Kelly
 
 
Filipina (4-3-3): Quincy Kammeraad; Santiago Rublico, Yrick Rapisura Gallantes, Noah Leddel, David Setters; Kamil Amirul, Jacob Pena, Gavin Muens; Dennis Chung, Andres Aldeuer, Pocholo Bugas

Baca juga: Indonesia hadapi ujian pertama kontra Filipina dalam misi boyong emas
Baca juga: PSSI siapkan bonus khusus untuk timnas bila raih prestasi di SEA Games

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023