Jakarta (ANTARA) - Sebuah buku tengah disiapkan berisi catatan dan tulisan tangan dari mendiang penyanyi Amy Winehouse bertajuk "Amy Winehouse: In Her Words" yang akan dirilis pada bulan Agustus mendatang.

Melalui buku berwarna setebal 288 halaman itu, para pecinta Amy Winehouse akan lebih bisa menyelami setiap pemikiran kehidupan sosok yang wafat pada 23 Juli 2011 silam, seperti dilansir NME pada Kamis.

Agensi sang bintang mengumumkan bahwa "Amy Winehouse: In Her Words" akan menampilkan sejumlah catatan pribadi yang tidak pernah terpublikasi sebelumnya, lirik-lirik lagu dengan tulisan tangan asli, dan koleksi foto keluarga bersama untuk kali pertama.

Buku tersebut, kata agensi, akan memberikan wawasan amat langka dari sosok gadis yang tumbuh menjadi seorang legenda. Amy Winehouse wafat akibat keracunan alkohol saat berusia 27 tahun pada 2011 dan membuat namanya masuk dalam daftar selebritas yang meninggal pada usia muda atau "27 Club".

Baca juga: Rumah produksi tetapkan pemeran Amy Winehouse di film biopik baru

"Amy Winehouse: In Her Words" juga akan menyelipkan kata pengantar dari kedua orang tua Amy yakni Janis dan Mitch Winehouse yang beranggapan bahwa karya tersebut menggambarkan sisi lain dari sang anak.

"Kumpulan catatan dan renungan Amy yang baru dan indah ini menunjukkan sisi lain dirinya, yaitu sisi menyenangkan dan jenaka. Kami ingin berbagi ini dengan penggemar sehingga mereka juga dapat mengenal sosok Amy lewat kata-katanya sendiri," ungkap orang tua Amy.

Pihak agensi mengungkapkan akan memberikan donasi dari seluruh royalti penjualan buku kumpulan catatan yang dirilis dua pekan dari perayaan ke-40 tahun Amy Winehouse tersebut, kepada yayasan Amy Winehouse dengan jumlah minimal yang dijanjikan sebesar £70,000 atau setara Rp1,2 miliar.

Sementara itu, sebuah biopik Amy Winehouse berjudul "Back To Black" juga tengah dirampungkan dengan menampilkan sosok Marisa Abela sebagai karakter utama, didampingi aktor Jack O’Connell yang memerankan mantan suami Amy Winehouse, Blake Fielder-Civil.

Film "Back To Black" disutradarai oleh Sam Taylor-Johnson yang dikenal lewat film "Fifty Shades of Grey" dan karya biopik "Nowhere Boy" yang mengisahkan kehidupan awal mendiang personel The Beatles yaitu John Lennon.

Baca juga: Daftar barang Amy Winehouse yang dilelang untuk umum

Baca juga: Keluarga kritik film dokumenter Amy Winehouse

Baca juga: Gitar kidal Kurt Cobain terjual Rp65,9 miliar di balai lelang

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023