Kondisi lambung kita sudah terbiasa kosong selama bulan Ramadhan, sehingga harus menjaga pola makan supaya tidak terkena diare
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengimbau masyarakat tetap menjaga pola makan setelah selesai melaksanakan Shalat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/ Lebaran 2023.

"Kondisi lambung kita sudah terbiasa kosong selama bulan Ramadhan, sehingga harus menjaga pola makan supaya tidak terkena diare," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lombok Tengah, Suardi di Praya, Jumat.

Selain itu, kata dia, makanan yang dimasak harus higienis serta jangan memaksakan diri untuk makan semua jenis makanan dan minuman secara berlebihan, seperti ayam pedas, jajan ketan, dan makanan lainnya, serta es.

"Kita juga harus antisipasi penyakit tidak menular seperti radang tenggorokan, karena minum es sirup, asam urat, dan diabetes. Sehingga saat Lebaran ini kita makan-makanan yang ringan atau makan secukupnya," kata Suardi.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya, Dokter Mamang Bagiansyah, mengatakan, kaum Muslimin harus tetap berusaha menjaga pola-pola yang terbentuk selama bulan tarbiyah di Ramadhan ini.

Baca juga: Ahli Gizi: Atur konsumsi harian saat Lebaran dengan pola GGL 415

"Termasuk dalam soal pola makan saat Lebaran," katanya.

Ia mengatakan selama berpuasa sesungguhnya begitu banyak manfaat kesehatan yang diperoleh, antara lain ada kesempatan istirahat bagi tubuh dalam mengolah metabolisme, sehingga jantung menjadi lebih sehat dan pembuluh darah menjadi lebih sehat.

Selain itu, menurutnya, juga ada proses detoksifikasi selama berpuasa. Karena itu pada saat Lebaran tidak boleh "balas dendam" dengan semua dilahap.

"Tetap secukupnya dengan kandungan nutrisi yang seimbang, karbohidrat, protein, dan lemak yg seimbang. Jangan lupakan sayur dan buah, serta air minum yg cukup," katanya.

Biasanya selama Lebaran disuguhkan oleh aneka jenis bahan makanan yang tinggi lemak, misalnya opor dan jajanan dari ketan.

"Silakan dinikmati secukupnya, jangan berlebihan. Sekali lagi ingat air putih harus cukup," katanya.

Baca juga: Makan porsi kecil dan batasi makanan manis serta berlemak saat Lebaran

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023