Jakarta (ANTARA News) - Distributor ponsel, PT TiPhone Mobile Indonesia Tbk (TELE), akan fokus memperluas jaringan distribusi sebagai strategi meningkatkan pendapatan pada tahun depan.

Direktur Utama TiPhone, Lily Salim, mengatakan bahwa pengembangan distribusi ini akan dilakukan melalui penambahan "outlet" maupun "reseller".

"Perluasan jaringan distrubisi ini merupakan sebagai antisipasi dari pertumbuhan pasar telepon seluler yang akan terus mengalami peningkatan," katanya disela paparan publik di Jakarta, Jumat.

Selain itu, lanjutnya, perseroan juga mulai menjajaki untuk mendistribusikan produk-produk non telekomunikasi.

Tercatat hingga sembilan bulan pertama 2012 jumlah reseller perseroan yang aktif mencapai 175 ribu "reseller".

Pada kuartal III-2012, emiten Bursa Efek Indonesia berkode saham TELE ini membukukan laba bersih senilai Rp138,61 miliar, tumbuh 29 persen dibandingkan periode yang sama 2011 senilai Rp107,04 miliar.

Seiring kenaikan laba bersih, pendapatan juga meningkat 12 persen menjadi Rp5,57 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya senilai Rp4,97 triliun.

Di sisi lain, perseroan juga berhasil menurunkan beban pokok penjualan dari Rp130,99 miliar pada kuartal III-2011 menjadi Rp347,80 miliar pada kuartal III tahun ini.

Sementara Corporate Secretary TiPhone, Semuel Kurniawan, menambahkan bahwa pendapatan perseroan hingga saat ini masih mengandalkan penjualan voucher prabayar (prepaid) seluler yang memberikan kontribusi 90 persen.

"Sisanya berasal dari produk ponsel yang memberikan kontribusi 10 persen dari total pendapatan," jelasnya.

(KR-IAZ/B008)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012