“Hasil pemantauan kami relatif bagus semua, baik dari pelayanan kesehatan, pergeseran dari ruang tunggu ke kapal, dan fasilitas di dalam kapal pun cukup bagus,”
Batam (ANTARA) - Kapolda Kepulauan Riau Irjen Pol Tabana Bangun memastikan Kapal KM Kelud rute Batam-Medan milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) siap mengangkut peserta mudik Lebaran 2023.

“Hasil pemantauan kami relatif bagus semua, baik dari pelayanan kesehatan, pergeseran dari ruang tunggu ke kapal, dan fasilitas di dalam kapal pun cukup bagus,” ujar Tabana usai meninjau kesiapan kapal KM Kelud di Pelabuhan Batu Ampar Kota Batam Kepulauan Riau, Senin.

Dia menjelaskan, jumlah pemudik yang menggunakan kapal KM Kelud pada tahun ini terjadi peningkatan dibandingkan pada tahun lalu maupun pada hari biasa.

Tabana juga mengapresiasi kinerja dari setiap instansi yang terlibat karena sudah bekerja sama dengan baik dalam mengatasi lonjakan penumpang pada arus mudik tahun ini.

“Saya lihat di sini, semua instansi yang terlibat sudah bekerja sama dengan baik. Sehingga pelayanan penumpang bisa kami layani dengan baik,” katanya.

Pihaknya juga bersiap diri untuk menghadapi puncak arus mudik yang diprediksi akan terjadi dalam dua hari ke depan.

“Yang terpenting kepada para pemudik, agar selalu menjaga diri selama dalam perjalanan,” kata dia.

Di tempat yang sama Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dendi Gustinandar mengatakan, sebagai instansi yang mengelola pelabuhan, pihaknya akan terus berusaha maksimal dalam melayani penumpang saat mudik ini.

“Kami selalu berupaya dengan berkoordinasi bersama pihak lainnya yang terlibat dalam kegiatan arus mudik Lebaran ini, agar dapat maksimal melayani para penumpang,” ucapnya.

 

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023