Personel anggota Pramuka berkisar antara 15 personel per hari, gantian
Jakarta (ANTARA) - Belasan anggota Pramuka dari Kwarcab Jakarta Timur turut membantu pelayanan mudik Idul Fitri (Lebaran) 1444 Hijriah/2023 Masehi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta.

"Personel anggota Pramuka berkisar antara 15 personel per hari, gantian," kata Penanggung Jawab Pembinaan dan Pendampingan Kwarcab Jakarta Timur, Akhyar, saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Ahad.

Kegiatan rutin Gerakan Pramuka bertajuk Karya Bakti Lebaran ini diikuti Pramuka Penegak, Pandega, dan orang dewasa sebagai bagian dari pengabdian masyarakat.

Akhyar mengatakan anggotanya ikut membantu pemudik yang lanjut usia, perempuan, dan anak-anak serta membantu petugas kesehatan dan petugas terminal.

Ia mencontohkan jika ada pemudik yang kebingungan mencari bus tujuan atau membutuhkan pertolongan, anggota akan mengarahkan dan membantunya sebisa mungkin.

"Jika ada pemudik yang mengeluh sakit kita arahkan ke posko kesehatan," katanya.

Menurut Akhyar kegiatan bakti untuk negeri ini akan berlangsung hingga Jumat 21 April 2023.

Bagi anggota Pramuka, membantu layanan mudik ini memberikan pengalaman lebih serta sebagai pengamalan Tri Satya Dasa Dharma.

Pernyataan tersebut disampaikan Peserta Perwakilan Kwartir Ranting Makassar, Jakarta Timur, Jian Fanisa Putri (17). Jian merasa terpanggil untuk menjalankan tanggung jawabnya sebagai anggota pramuka.

"Banyak pemudik yang belum tahu arah, kita arahkan busnya di mana. Kalau ada kesusahan kita bantu. Lelah sih balik lagi ke tanggung jawab kita," katanya.

Senada dengan Jian, Koordinator Lapangan Dewan Kerja Cabang Jakarta Timur, Nurcahyanto (21), mengatakan membantu pelayanan mudik di Terminal Kampung Rambutan merupakan implementasi Tri Satya Dasa Dharma.

"Kita marasakan vibes mudik, kita enggak pulang kampung. Tapi yang penting pemudik pulang dengan lancar," katanya.

Baca juga: Suka cita anak Pramuka ikut awasi arus mudik

Baca juga: Bakti Pramuka pastikan mudik aman di Ibu Kota

Baca juga: Sebanyak 10.000 Pramuka bantu mudik Lebaran di berbagai daerah

Baca juga: Pramuka bantu kelancaran arus balik di Bakauheni

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023