Ottawa, Kanada (ANTARA) - Kanada dan Korea Selatan berencana merundingkan perjanjian keamanan yang memfasilitasi prakrasa berbagi informasi intelijen dan memajukan hubungan keamanan antara kedua kedua, kata seorang sumber pemerintahan Kanada pada Kamis.

Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly akan menyampaikan pengumuman soal itu dalam kunjungan resmi ke Seoul pekan ini, kata sumber anonim tersebut yang mengetahui soal ini tapi berwenang menyampaikan hal itu kepada publik.

Perjanjian tersebut akan membuat kedua negara bisa berbagi informasi intelijen, kerjasama yang lebih baik dalam bidang pertahanan, dan memfasilitasi perusahaan-perusahaan Kanada dalam kontrak-kontrak pengadaan.

"Di tengah tantangan-tantangan keamanan global terkini dan tatanan internasional berbasis regulasi, kerjasama ini menjadi sangat penting," kata sumber itu.

Baca juga: Menteri Kanada kutuk penistaan agama di masjid

Oktober tahun lalu, Kanada menyampaikan pernyataan serupa mengenai perjanjian berbagi informasi intelijen dengan Jepang yang akan dikunjungi Joly seusai dari Korea Selatan nanti.

Pada November lalu, pemerintah Kanada meluncurkan strategi Indo-Pasifik, dan mengungkapkan belanja keamanan militer serta siber di kawasan ini sampai sebesar 2,3 miliar dolar Kanada (Rp 25 triliun).

Awal bulan ini, Ottawa menyatakan bakal mengirimkan pesawat militer ke Jepang untuk menguatkan penerapan sanksi Dewan Keamanan PBB terhadap Korea Utara.

Baca juga: Kanada repatriasi 14 warganya dari Suriah, tahan dua perempuan

Sumber: Reuters

Penerjemah: Mecca Yumna
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023