Jakarta (ANTARA) - Tim bola voli putra Jakarta LavAni Allo Bank memutuskan absen dalam Kejuaraan Bola Voli Asia 2023 atau AVC Men's Volleyball Championship 2023 di Manamah, Bahrain, pada 14-21 Mei.

LavAni yang keluar sebagai juara PLN Mobile Proliga 2023 mendapat tawaran dari Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) untuk bersaing dalam ajang bola voli bergengsi di Benua Kuning tersebut.

"LavAni mendapat tawaran dari PBVSI untuk ikut dalam turnamen AVC Men's Volleyball Championship 2023. Namun, karena waktu persiapan yang sangat singkat usai SEA Games 2023 (Kamboja), maka LavAni memutuskan tidak berangkat," kata manajer LavAni Ossy Dermawan saat ANTARA mengonfirmasi, Rabu.

Seperti diketahui, lima pemain andalan LavAni, yakni Dio Zulfikri, Fahri Septian Pratama, Muhammad Malizi, Boy Arnez, dan Hendra Kurniawan dipanggil untuk memperkuat Indonesia pada SEA Games XXXII/2023 Kamboja yang bergulir pada 5-17 Mei.

Hal tersebut menjadi alasan LavAni memutuskan untuk tidak tampil dalam AVC Men's Volleyball Championship 2023, mengingat waktu persiapan cukup singkat.

Baca juga: LavAni pertahankan gelar juara Proliga

"Timnas SEA Games baru kembali ke Indonesia pada 8-9 Mei sedangkan kompetisi ini berlangsung pada 14 Mei di Bahrain. Ada lima pemain utama kami yang berlaga di SEA Games," kata Ossy.

"Bagi LavAni, persiapan tim dalam kejuaraan sebesar ini harus dilakukan dengan sangat matang, apalagi membawa nama bangsa. Kami menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat utamanya pendukung LavAni," ujar Ossy.

Sebagai pengganti, lanjut Ossy, LavAni akan tampil pada Liga ASEAN 203 atau South east Asian V League yang bergulir di Indonesia pada 21-23 Juli dan di Filipina 28-30 Juli.

Sedangkan tim yang akan menggantikan LavAni pada AVC Men's Volleyball Championship 2023 adalah Jakarta Bhayangkara Presisi yang menjadi runner-up Proliga 2023.

"Kami juga menyampaikan selamat dan sukses bagi Jakarta Bhayangkara Presisi dalam kejuaraan ini," pungkas Ossy.

Baca juga: Bola voli putra Indonesia terhindar dari grup neraka SEA Games 2023
Baca juga: Drama drawing sepak bola dan bola voli indoor pada SEA Games 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023