Kami berupaya mempercepat perbaikan jalan agar bisa berfungsi dan mendukung kelancaran arus mudik Idul Fitri 2023.
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mempercepat memperbaiki 3,3 kilometer jalan lintas yang rusak tersebar pada 10 titik untuk mendukung kelancaran arus mudik Idul Fitri 2023.

"Kami berupaya melakukan perbaikan jalan berada dalam kondisi rusak parah, akibat dilintasi truk bermuatan berlebih atau ODOL membawa sawit dan batu bara," kata Gubernur Riau Syamsuar dalam keterangannya, di Pekanbaru, Senin.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan itu setelah sebelumnya melakukan peninjauan jalan lintas yang menghubungkan dua Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Indragiri Hilir (Inhil) saat perbaikan berlangsung.

Selain itu, Gubernur Riau Syamsuar juga mendorong percepatan pekerjaan perbaikan jalan lintas Rengat-Tembilahan di Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

"Kami berupaya mempercepat perbaikan jalan agar bisa berfungsi dan mendukung kelancaran arus mudik Idul Fitri 2023," katanya pula.

Gubernur Syamsuar menyikapi truk bertonase tinggi melintasi jalan lintas tersebut hingga memicu kerusakan.

Dia mengatakan perlu solusi konkret dan permanen untuk mengatasi jalan rusak, sekaligus bisa menambah kontribusi bagi daerah terkait perolehan pendapatan asli daerah sektor retribusi dan pajak.

"Jangan sampai kita cuma menanggung jalan rusak, dan pemilik truk kita panggil, harus ada solusi untuk menekan kerusakan jalan," kata Syamsuar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau M Arief Setiawan mengatakan berdasarkan hasil survei ruas jalan provinsi di 12 kabupaten/kota se-Riau tercatat 70 persen dalam kondisi baik dan 30 persen lain rusak ringan hingga berat.

"Survei ruas jalan di Provinsi Riau sudah kami lakukan bersama Ditlantas Polda Riau dan Dinas Perhubungan Riau dan teman-teman kabupaten/kota. 70 persen jalan provinsi di daerah dalam kondisi baik dan 30 persen kurang baik," demikian M Arief. 
Baca juga: Presiden Jokowi tiba di Riau untuk resmikan Tol Pekanbaru-Bangkinang
Baca juga: Akses jalan di Pulau Serasan mulai terbuka pasca-longsor

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023