ulat mulai merayap ke tanaman-tanaman di pekarangan
Ponorogo (ANTARA News) - Ribuan ulat bulu mulai menyerang tanaman perkebunan penduduk di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, diduga akibat hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut selama sepekan terakhir sehingga memaksa hama ini migrasi ke perkampungan.

"Ulat-ulat ini mulai bermunculan sejak Jumat (7/12) dan terus bertambah banyak," ujar salah seorang warga Desa Setono, Kecamatan Jenangan, Suwito, Selasa.

Kedatangan ribuan ulat bulu itu semakin meresahkan karena selain menyerang tanaman kebun, sebagian juga merambat ke rumah-rumah penduduk.

Beberapa petani dan warga berinisiatif melakukan pembasmian dengan cara menyemprot pestisida, namun hasilnya tidak maksimal.

Banyaknya ulat yang menyerang dari kawasan hutan jati setempat serta faktor ketinggian lokasi hama tanaman ini membuat upaya penyemprotan hanya mampu menjangkau area tanaman bagian bawah.

"Karena jumlahnya terus bertambah, ulat kemudian diketahui mulai merayap ke tanaman-tanaman di pekarangan," tutur Adam, warga Desa Setono lainnya.

Adam mengatakan, tidak hanya tanaman di kebun, tanaman hias milik warga di lingkungannya juga tak luput dari serangan ulat bulu.

Meski belum mengetahui secara pasti sumber serangan, warga memperkirakan ulat-ulat berwarna kehitaman tersebut berasal dari tanaman jati yang tertiup angin dan sampai ke pemukiman.
(ANT/130)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012