Wuhan (ANTARA) - Sebuah pesawat kargo tujuan Belgia yang memuat sekitar 100 ton kargo lepas landas dari Bandar Udara Huahu Ezhou di Provinsi Hubei, China tengah, pada Sabtu (1/4) sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Penerbangan ini menandai pembukaan rute internasional pertama dari bandara pusat kargo pertama di China.

Rute ini dijadwalkan akan mengoperasikan dua penerbangan kargo pulang-pergi setiap pekan antara China dan Eropa, menambah kapasitas 400 ton untuk pengiriman ekspres melalui udara, demikian menurut operator pesawat SF Airlines, maskapai penerbangan kargo terbesar di China.

Bandar Udara Huahu Ezhou mulai beroperasi pada Juli 2022. Bandara itu diposisikan sebagai bandara pusat yang berfokus pada kargo dengan lalu lintas kargo yang luas, tetapi tidak banyak lalu lintas penumpang. Bandara tersebut diperkirakan akan membuka 40 rute penerbangan kargo domestik dan sekitar empat rute internasional pada akhir tahun ini.

SF Airlines Basis Ezhou secara resmi dibuka pada hari yang sama, dan akan menyediakan layanan untuk perusahaan dan maskapai lainnya di masa mendatang, menurut SF Airlines, demikian Xinhua.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023