Jakarta (ANTARA) - Ford Motor menargetkan untuk memproduksi hingga 500.000 truk listrik per tahun di kompleks BlueOval City yang sedang dibangun di Tennessee, Amerika Serikat.

Dilaporkan Reuters pada Jumat (24/3), BlueOval City akan merakit beberapa versi pikap listrik F-series generasi berikutnya, yang oleh perusahaan disebut Project T3.

CEO Ford Jim Farley mengatakan produksi akan dimulai dalam waktu sekitar 30 bulan, atau pada musim gugur 2025.

Baca juga: Tiga perusahaan tarik 28.643 kendaraan karena suku cadang rusak

Ia mengatakan, Pabrik Stanton di Memphis adalah bagian dari rencana Ford untuk memiliki kapasitas produksi EV global sebesar 2 juta kendaraan per tahun pada akhir 2026.

Sebuah video menggambarkan pikap listrik baru sebagai "sekuel F150 Lightning" yang saat ini dibangun di dekat markas Ford di Dearborn, Michigan, dan didasarkan pada pickup F-series bermesin pembakaran standar.

Ford mengatakan BlueOval City akan memiliki jejak perakitan umum yang 30 persen lebih kecil dari pabrik perakitan tradisional, dengan kapasitas produksi yang lebih tinggi.

Sebagian besar pabrik mobil saat ini dirancang untuk membangun 250.000-300.000 kendaraan per tahun.

Pickup Project T3 Ford sedang dikembangkan pada arsitektur truk EV khusus baru.

Pabrikan mengatakan bahwa platform baru, yang membawa penunjukan internal TE1, juga akan mendukung SUV listrik ukuran penuh pada tahun 2026 yang dapat melengkapi atau menggantikan Ford Expedition dan Lincoln Navigator saat ini.

Kawasan BlueOval City sendiri bernilai 5,6 miliar dolar AS, yang sedang dikembangkan bersama dengan mitra Korea SK On.

Di lokasi ini juga akan memiliki pabrik baterai yang mampu memproduksi cell senilai lebih dari 40 gigawatt hours, di mana jumlah tersebut cukup untuk pasokan hingga setengah juta EV per tahun.

Baca juga: Ford Ranger Wildtrak X debut di Australia sebagai Baby Raptor

Baca juga: Ford tingkatkan produksi penuhi permintaan

Baca juga: McLaren pertimbangkan usung powertrain Red Bull pada 2026

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023