Jakarta (ANTARA/JACX) – Sejumlah partai politik mengumumkan calon presiden yang akan mereka usung pada Pilpres 2024.

Nama-nama calon presiden yang muncul dari partai-partai politik, hingga pertengahan Maret 2023, yaitu Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, selain nama-nama yang sering muncul dalam survei seperti Ganjar Pranowo hingga Ridwan Kamil.

Namun, beredar unggahan video di YouTube berdurasi delapan menit yang mengklaim Presiden Joko Widodo telah mengumumkan akan mengusung Anies Baswedan dan Gibran Rakabuming sebagai calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu 2024.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“Benar-benar Di Luar Dugaan!! Jokowi Resmi Sandingkan Gibran Dengan Anies Baswedan!!”

Namun, benarkah bahwa Presiden Jokowi telah mengumumkan pengusungan duet Anies dan Gibran dalam Pemilu 2024?

Unggahan hoaks yang menyatakan bahwa Jokowi resmi mendeklarasikan Gibran dan Anies Baswedan di Pilpres 2024. Faktanya, isi video tersebut tidak sesuai dengan judul yang diberikan. (YouTube)
Penjelasan:
P
enelusuran ANTARA, unggahan video berdurasi delapan menit tersebut tidak mencantumkan pernyataan resmi dari Presiden Joko Widodo terkait pencalonan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden 2024 bersama dengan Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Unggahan video tersebut hanya berisi kompilasi potongan video Anies saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kemudian, potongan video lainnya serupa dengan unggahan akun KompasTV yang berjudul “Gibran Puji Anies: Beliau Itu Role Model, Kepala Daerah yang Sukses!” yang diunggah 16 September 2021.

Terdapat pula potongan video yang menampilkan acara Partai NasDem seperti yang diunggah oleh akun MetroTV berjudul “Anies Baswedan Hadiri Simfoni Kebangsaan Partai Nasdem”.

Selain itu, narator dalam unggahan video itu membacakan narasi dari laporan Tempo berjudul “Gibran Rakabuming Blak-Blakan Dukung Anies Baswedan: Saya Mengapresiasi”.

Namun, unggahan tersebut tidak menyatakan narasi ataupun cuplikan video yang menunjukan secara resmi Presiden Jokowi mendeklarasikan Anies Baswedan dan Gibran dalam Pemilu 2024.

Sebagai catatan, belum ada deklarasi resmi dari Presiden Joko Widodo maupun dari Partai PDI Perjuangan terkait calon presiden yang diusung partai berlambang banteng merah itu dalam Pilpres 2024.

Klaim: Jokowi resmi deklarasikan Gibran dengan Anies Baswedan
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Gibran dan Kaesang dipenjara

Cek fakta: Hoaks! Kaesang pakai baju PKI

Baca juga: Anies Baswedan temui Gibran puji perkembangan Solo

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023