Jakarta (ANTARA) - Menjelang Ramadhan 2023, data internal platform belanja daring Tokopedia menunjukkan bahwa penjualan daging sapi dan bawang meningkat drastis, menurut Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak dalam keterangan resmi yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Ada peningkatan penjualan rata-rata hampir 4 kali lipat untuk daging sapi dan bawang di momen jelang Ramadhan tahun ini," kata Nuraini, mengacu pada data sebulan sebelum Ramadhan 2023 yakni 14 Februari-14 Maret, dibandingkan dengan sebulan sebelum Ramadhan tahun lalu atau 2 Maret-2 April 2022.

Selain daging sapi dan bawang, produk lain yang penjualannya juga meningkat menjelang Ramadhan 2023 adalah kurma, madu, dan sirup.

"Data Tokopedia memperlihatkan bahwa kurma, madu, dan sirup mengalami peningkatan transaksi sebesar tiga kali lipat, dibandingkan dengan menjelang Ramadhan 2019," ujar Nuraini.

Baca juga: Tips mulai bisnis produk kebutuhan ibu dan bayi di "e-commerce"

Ia melanjutkan, data internal Tokopedia juga menunjukkan ada peningkatan jumlah kunjungan pada halaman produk lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan periode sebelumnya. Adapun kategori yang paling dicari, selain makanan dan minuman, adalah fesyen, otomotif, rumah tangga, dan kesehatan.

Pada kategori fesyen, Nuraini perlengkapan ibadah seperti tasbih digital, sajadah, rompi salat, mukena, dan sarung merupakan sejumlah produk paling diburu. Kemudian pada kategori otomotif, produk yang paling diburu adalah aksesori body motor, lampu kendaraan, oli motor, jas hujan, radiator, dan komponen mobil.

Sedangkan pada kategori rumah tangga, masyarakat banyak mencari toples makanan, alat pembuat kopi dan teh, hingga gelas. Sementara itu di kategori kesehatan, masker medis, obat herbal, dan vitamin menjadi produk yang paling laris.

Melihat tingginya animo belanja masyarakat khususnya menjelang Ramadhan 2023. Tokopedia pun menggelar #LengkapiRamadan pada 20 Maret-30 April 2023 yang diisi berbagai promo dan kampanye seperti Bazar Brand Pilihan, Cantik Fest, Serbu Official Store dan Waktu Indonesia Belanja.

Lewat Tokopedia #LengkapiRamadan, masyarakat bisa menemukan berbagai produk kebutuhan dengan diskon hingga 90 persen, live shopping mulai dari Rp2.000, bebas ongkos kirim untuk belanja minimum Rp20 ribu, dan masih banyak lagi.

Masyarakat juga bisa mendapatkan promo hemat hingga Rp750 ribu serta cicilan 0 persen dengan pembayaran menggunakan GoPayLater Cicil.

Khusus pada tanggal 4 dan 14 April 2023, Tokopedia menghadirkan promo Ramadan Ekstra untuk berbagai kebutuhan dengan promo bebas ongkos kirim, diskon hingga 90 persen serta cashback sampai Rp1 juta.

Sedangkan untuk penjual, Nuraini mengatakan Tokopedia menyediakan berbagai materi edukasi yang relevan seperti #SIAPRAMADAN2023 untuk membantu mereka memaksimalkan penjualan selama bulan puasa.

"Informasi lain terkait pengembangan usaha juga dapat dipelajari secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller Tokopedia,” tutup Nuraini.

Baca juga: Riset: Tokopedia brand E-Commerce terpopuler di Indonesia

Baca juga: Kiat tingkatkan penjualan "online" pada momen Ramadhan

Baca juga: Masyarakat mulai belanja produk Ramadhan sebulan sebelum puasa

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023