Sesuai yang ditugaskan, bisa mengeksekusi dengan baik dan luar biasa
Jakarta (ANTARA) - Sekreteris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) Radja Sapta Ervian mengatakan tim nasional karate senior dan junior Indonesia meraih capaian positif dalam Kejuaraan Federasi Karate Asia Tenggara (SEAKF) di Manila, Filipina, 17-19 Maret.

“Berangkat, bertanding dan menang. Saya senang sekali dengan tim seperti ini, dan dengan komposisi kontingen dari manajer, atlet, pelatih dan lainnya. Sesuai yang ditugaskan, bisa mengeksekusi dengan baik dan luar biasa. Itu sudah dibuktikan dan Indonesia sangat luar biasa bisa memiliki tim karate seperti ini di tim senior dan junior,” kata Ervian saat ditemui di Jakarta, Selasa.

Adapun tim senior mendapatkan lima emas, satu perak, dan enam perunggu. Hasil tersebut membawa Indonesia berada di tiga besar Asia Tenggara bersama Vietnam dan Thailand.

Sementara untuk tim junior meraih tiga emas, empat perak, dan empat perunggu.

“Tim junior saya lihat hasilnya maksimal dan bisa dicapai dengan tim yang tidak besar. Event (lainnya) masih berjalan panjang, dan SEAKF ini perjalanan kalian (tim junior) menuju Tim Indonesia yang paling utama atau senior,” ujar Ervian.

Baca juga: Timnas karate Indonesia siap berlaga di SEAKF 2023 Filipina

Lebih lanjut, ia mengatakan SEAKF yang merupakan single event karate Asia Tenggara tersebut diharapkan bisa menjadi gambaran bagi timnas karate sebelum berlaga ke SEA Games 2023 di Kamboja, Mei mendatang.

“Paling tidak kita ada gambaran untuk SEA Games nanti, inshaallah bisa (mendapatkan lagi) emas. Kemarin kita meraih lima emas untuk tim senior, jadi kita harapkan kita bisa konsisten, mempertahankan hasil ini di SEA Games dan Asian Games,” kata Ervian.

Ia melanjutkan, PB FORKI juga mengapresiasi tim senior yang memberikan upaya maksimal di SEAKF mengingat pemusatan latihan nasional (pelatnas) karate yang sempat diistirahatkan kurang lebih setengah tahun lamanya.

“Saya melihat perjalanan berat kalian (tim senior) mengingat pelatnas diistirahatkan dan fasilitas tidak maksimal, tidak menghalangi kalian berprestasi. Single event ini merupakan warming up jelang SEA Games yang kurang dari dua bulan. Saya rasa ini persiapan yang bagus, harapannya target di Kamboja kita bisa lebih superior lagi,” papar Ervian.

“Di Kamboja coba kita upayakan, pertahankan dan lebih baik lagi. Kami di PB FORKI akan bekerja maksimal untuk persiapkan apa yang kalian bisa dimaksimalkan, didapatkan sampai menuju SEA Games nanti. Di SEA Games kita harap kalian bisa maksimal dan benar-benar bisa all out,” imbuhnya.

Baca juga: PB FORKI harap Menpora baru bisa dukung program cabor berprestasi

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023