Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum (Ketum) Kelompok Relawan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Solidaritas Merah Putih (Solmet) Silfester Matutina menyampaikan Presiden Jokowi meminta sukarelawannya untuk mengawal sekaligus menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024.
 
"Presiden meminta sukarelawan mengawal dan menyukseskan Pemilu 2024," kata Silfester, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.
 
Ia mengatakan bahwa Jokowi menyampaikan pernyataan tersebut saat menghadiri kegiatan silaturahim dengan 30 perwakilan ketua sukarelawan pendukungnya di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (17/3).
 
Selain permintaan untuk menyukseskan Pemilu 2024, Silfester menambahkan bahwa Presiden Jokowi juga menyampaikan beberapa hal lainnya, seperti penegasan bahwa tidak menginginkan memperpanjang masa jabatannya dan optimisme bahwa Indonesia mampu melewati krisis ekonomi dan politik yang tengah melanda dunia pada saat ini.
 
Dalam kesempatan yang sama, Silfester pun menyampaikan lima permintaan dari Solmet terhadap Presiden Jokowi. Pertama, mereka meminta penghapusan pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal ke Malaysia.
 
Kedua, Solmet meminta penghentian kriminalisasi terhadap penggiat hak asasi manusia (HAM) dan aktivis antiperdagangan orang. Ketiga, Presiden Jokowi diminta untuk mencabut Surat Keputusan Bersama (SKB) Dua Menteri tentang Pendirian Tempat Ibadah.
 
Menurut dia, SKB tersebut merugikan banyak pihak serta menjadi pemantik kekerasan atas nama agama serta mengadu domba anak bangsa.

Solmet meminta Presiden Jokowi untuk menghadiri undangan peluncuran aplikasi hasil karya anak bangsa PLEBO atau Regular Health Laboratory Testing/Detect Disease Early On yang dinilai dapat menambah devisa negara dan memperpanjang usia produktif manusia Indonesia.
 
Kelima, Solmet pun meminta Presiden Jokowi menghadiri upacara tahunan Seba Badui di Serang, Banten.
 
"Demikian lima hal yang Solmet minta dan ungkapkan langsung kepada Presiden, dan Presiden berjanji akan memperhatikan dan mencatat semua yang kami usulkan," kata dia.

Baca juga: Solmet minta SKB 2 Menteri tentang Pendirian Rumah Ibadah dievaluasi
Baca juga: Ketua Umum Solmet: Aparat mampu ciptakan situasi demo yang kondusif

 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023