Kami berharap agar para pendamping koperasi/PPKL semakin meningkatkan kapasitas dirinya.
Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) melalui Dinas Koperasi dan UKM terus mendorong koperasi konvensional di Sumut semakin meningkatkan kapasitas menuju koperasi modern berbasis digital.

Kadis Koperasi dan UKM Sumut Suherman, diwakili Kabid Kelembagaan Unggul Sitanggang mengatakan untuk meningkatkannya adalah dengan melatih kapasitas Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) yang ada di Sumut.

"Sehingga pada hari ini, kami menggelar bimbingan teknis (bimtek) kepada Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan di Sumut," kata Unggul pada kegiatan Bimtek PPKL, di Medan, Jumat.

Bimbingan teknis yang diikuti 57 PPKL tersebut telah berlangsung sejak Rabu (15/3). Unggul dalam kesempatan itu juga menyampaikan agar koperasi di Sumut harus terus ditumbuhkembangkan.

Bimbingan teknis itu bertujuan untuk menargetkan agar para pendamping semakin berperan aktif dalam meningkatkan jumlah koperasi aktif dan melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) serta meningkatkan jumlah koperasi yang mendapatkan SNIK

"Kami berharap agar para pendamping koperasi/PPKL semakin meningkatkan kapasitas dirinya untuk membina koperasi, baik dari aspek kelembagaan maupun dari sisi pengawasannya, mengingat koperasi tetap dipertahankan sebagai sokoguru perekonomian nasional, termasuk daerah kita masing-masing," katanya pula.

Menurut dia, Dinas Koperasi UKM mengharapkan seluruh pelaku usaha koperasi, dapat menyelaraskan diri dengan regulasi-regulasi terbaru tentang perkoperasian.

"Ada regulasi, UU Perkoperasian yang baru yaitu koperasi dapat menjadi off taker dan startup di dalam memajukan bisnis anggota dengan ekonomi yang berekosistem. Artinya peluang maju dan bertumbuh, juga tidak terlepas dari kemauan pelaku koperasi itu mengikuti aturan yang ada," ujarnya lagi.

Hadir sebagai narasumber pada Bimtek PPKL tersebut, yakni dari Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Sumut, Kepala Divisi Perwakilan LPDB Sumbagut, Deputi Kewirausahaan Kemenkop UKM RI, dan Deputi Perkoperasian Kemenkop UKM RI.
Baca juga: Menkop: koperasi Sumut berkontribusi nasional
Baca juga: ITFC gandeng UKM dan koperasi kopi di Sumatera Utara

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023