Saya sudah minta kepada Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat supaya melakukan koordinasi lintas daerah
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat melakukan koordinasi dengan Pemkot Jakarta Utara dan Pemkot Tangerang Selatan serta PT Jasa Marga untuk menangani banjir  di RW 03, 04, dan 06 Kelurahan Kamal, Kalideres.

"Saya sudah minta kepada Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat supaya melakukan koordinasi lintas daerah karena menyangkut wilayah perbatasan," kata Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko, saat ditemui di Kembangan, Jumat.

Yani mengatakan koordinasi diperlukan karena saluran yang tersumbat sehingga mengakibatkan banjir merupakan penghubung aliran air dari wilayah Tanggerang Selatan dan Jakarta Utara.

Selain itu, saluran tersebut terletak tepat di bawa tol Bandara Soekarno-Hatta sehingga pihak Jasa Marga juga perlu ikut terlibat dalam pembahasan tersebut.

Dengan pertemuan ini, dia berharap semua pemangku kepentingan menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi banjir di kawasan Kalideres

Sebelumnya, Yani sempat menyambangi kawasan tersebut saat hujan deras melanda pada Kamis (2/3) lalu. Dalam kunjungannya, Yani melihat ada tiga RW yang terendam yakni RW 03, 04 dan 06 Kelurahan Kamal.

Banjir di tiga RW tersebut diduga akibat saluran penghubung yang dipenuhi lumpur sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar.

Yani pun memerintahkan petugas untuk mengerahkan pompa untuk menyedot air dari tiga RW tersebut.

Setelah air bisa diatasi, petugas melakukan pembersihan sementara di saluran penghubung yang tersumbat itu.
Baca juga: Pemkot Jaksel siapkan saluran atasi banjir di Seskoal Cipulir
Baca juga: Pemkot Jaksel bangun beberapa embung untuk penanganan banjir
Baca juga: Banjir di Jakarta Selatan masih tersisa dua RT

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023