stadion ini salah satu terbaik yang ada di Indonesia
Surabaya (ANTARA) - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro menjamin Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) tidak berbau sampah menjelang penyelenggaraan Piala Dunia U20 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

"Saya jamin dipastikan pada saat piala dunia tidak akan bau, saya yang akan menjamin karena sudah kami antisipasi," kata Hebi saat mendampingi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) Erick Thohir memantau perkembangan Stadion GBT, Senin.

Menurut dia, upaya yang saat ini dilakukan antara lain melakukan penyemprotan dengan cairan antibau setiap harinya serta menutup sampah dengan membran.

"Setiap harinya kami menyemprot sampah-sampah itu dengan cairan antibau sebanyak 20 liter serta nantinya kami akan menutupnya dengan membran," ujarnya.

Baca juga: PLN jamin pasokan listrik aman di Stadion GBT saat Piala Dunia U20
Baca juga: GBK tidak dapat digunakan hingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20

Untuk saat ini, lanjut dia, sampah-sampah yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo tersebut belum ditutup dikarenakan ada pemindahan sumur dari selatan ke utara.

"Sehingga nantinya tidak akan mengganggu yang ada di sini, saat ini masih memasang pipa-pipa gas tersebut," katanya.

Menurut dia, seluruh proses upaya pengendalian bau sampah tersebut akan dijadwalkan selesai pada akhir Maret 2023.

"Selesai nanti tanggal 31 Maret, itu kalau bisa sudah tertutup semua, maksimal April minggu pertama sudah selesai semua," ujarnya.

Baca juga: Erick Thohir minta fasilitas Stadion GBT Surabaya dimaksimalkan
Baca juga: Menanti kiprah bagus Indonesia pada Piala Dunia U20

Sebelumnya, Ketum PSSI Erick Thohir meminta pihak terkait memaksimalkan fasilitas penunjang Stadion GBT Surabaya menjelang Piala Dunia U20.

"Saya terharu karena pemerintah daerah dan pusat dalam dua bulan terakhir ini melakukan misi yang tidak mudah untuk mempersiapkan penyelenggaraan Piala Dunia U20. Saya yakin dengan kondisi saat ini, stadion ini salah satu terbaik yang ada di Indonesia," kata Erick.

Dengan begitu, lanjut dia, semua pihak harus bangga dengan fasilitas sepak bola sesuai standar FIFA yang semakin banyak di Indonesia.

"Bagus juga, sepak bola tidak hanya berpusat di Jakarta tapi juga ada di Jawa Timur," katanya.

Baca juga: Ketum PSSI targetkan timnas lolos penyisihan grup di Piala Dunia U20

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023