Hal tersebut penting sebagai upaya untuk mengendalikan harga komoditas pangan yang cenderung naik menjelang Ramadhan
Makassar (ANTARA) - Tim Pengendali Inflasi Daerah Sulawesi Selatan (TPID Sulsel) memperkuat koordinasi dan kerja sama antar daerah untuk memberikan jaminan stok pangan yang cukup menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

"Hal tersebut penting sebagai upaya untuk mengendalikan harga komoditas pangan yang cenderung naik menjelang Ramadhan," kata Koordinator TPID Sulsel Causa Imam Karana di Makassar, Sabtu.

Causa Imam Kirana yang juga Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan mengatakan, selain memperkuat koordinasi juga digelar pasar murah untuk mendukung 7 program unggulan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023.

Baca juga: BI Sulsel dan mitra gelar pasar pangan murah tekan inflasi

Khusus di Sulsel telah digelar pasar murah di Makassar sebagai salah satu upaya menghadapi tantangan pengendalian inflasi yang multidimensi.

Karena itu, lanjut dia, dibutuhkan kerja sama yang erat dengan semua pihak mulai dari hulu hingga hilir.

Hal tersebut dibenarkan pedagang rempah dan bahan pangan, H Nurdin di Makassar.

Dia mengatakan, kerja sama dan keterbukaan informasi harga mulai dari tingkat petani, pedagang pengumpul hingga pedagang pengecer adalah sesuatu yang penting.

"Hal ini sebagai salah satu upaya agar tidak terjadi penimbunan pangan tertentu oleh oknum yang ingin memanfaatkan kondisi di lapangan," ujarnya.

Baca juga: Sulsel terus jalankan berbagai program pengendalian inflasi

Baca juga: Gubernur Sulsel memantau harga bahan pokok di pasar tradisional Malino






 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023