Padang Sidempuan (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara, terus meningkatkan kompetensi staf Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) dalam bidang jurnalistik sehingga diharapkan lebih piawai dalam pembuatan berita teks, fotografi, media sosial, dan video.

Kepala Dinas Kominfo Padang Sidempuan Nur Cahyo Budi Susetyo di Padang Sidempuan, Jumat, mengatakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi SDM, khususnya tim peliput, pihaknya menggelar pelatihan kompetensi di bidang jurnalistik.

Ia berharap dengan pelatihan tersebut dapat meningkatkan kompetensi tim peliput di jajaran Diskominfo, sehingga lebih mahir dan cakap dalam pembuatan video, berita tulis, foto maupun media sosial.

Baca juga: Bappenas dukung Dewan Pers memfasilitasi program pelatihan jurnalistik

"Kami menyadari bahwa kami butuh pelatihan ini demi pengembangan SDM yang kami miliki khususnya tim peliput. Hal itu penting karena Diskominfo adalah garda terdepan dalam penyebarluasan berbagai program pembangunan daerah," katanya.

Dalam pelatihan yang digelar selama dua hari, Kamis hingga Jumat (2-3 Maret), Diskominfo Padang Sidempuan menghadirkan empat pemateri dari LKBN ANTARA Biro Sumatera Utara sesuai dengan spesialisasi di bidangnya masing-masing.

Pemateri tersebut adalah Akung Novyantara yang membawakan materi media sosial, Donny Aditra (video), Juraidi (penulisan berita teks), dan Yudi (fototografi).

Baca juga: Antara buka pelatihan jurnalistik untuk 125 wartawan daerah

Ia mengatakan, pelatihan tersebut memang sudah menjadi keharusan dan tuntutan bagaimana staf di Diskominfo dapat terus meng-"upgrade" ilmunya agar ke depan lebih cakap dalam tugasnya masing masing sesuai dengan harapan yang disampaikan Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution.

"Apalagi dunia digital terus berkembang dan berpacu dengan zaman. Jadi, mau tidak mau semua pihak harus mampu beradaptasi dengan kemajuan tersebut khususnya di bidang digital," katanya.

Melalui pelatihan tersebut ia berharap para pemateri dari LKBN ANTARA Biro Sumatera Utara dapat berbagi ilmu dan pengalaman kepada staf Diskominfo sehingga dapat lebih cakap dalam menjalankan tugasnya.

Baca juga: Polres Jaksel adakan pelatihan jurnalistik kehumasan

"Dengan demikian, apa yang menjadi harapan Pemkot Padang Sidempuan, kami sebagai corong pemerintah daerah dapat lebih maksimal dalam menyampaikan berbagai informasi pembangunan dan program pemerintah daerah kepada masyarakat," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023