Tahun 2024 setidaknya kita bisa mencetak Al Quran, ya minimal satu sampai dua juta Al Quran setiap tahun
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin menargetkan Unit Percetakan Al Quran (UPQ) mampu mencetak 1-2 juta eksemplar Al Quran per tahun dengan kualitas tinggi pada 2024.

"Tahun 2024 setidaknya kita bisa mencetak Al Quran, ya minimal satu sampai dua juta Al Quran setiap tahun," ujar Kamaruddin Amin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Kamaruddin mengatakan saat ini Kementerian Agama tengah mendorong transformasi fundamental percetakan Al Quran di Indonesia dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas percetakan.

Lewat transformasi ini, kata dia, unit percetakan Al Quran Kemenag diharapkan dapat menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Baca juga: Pencetakan Al-Quran secara nasional perlu ditingkatkan

"Kita punya harapan untuk memiliki sebuah percetakan al Quran terbesar se-Asia Tenggara. Mungkin (menjadi terbesar) untuk seluruh dunia belum, ya. Tapi saya rasa untuk tingkat Asia Tenggara, kita bisa terbesar," kata dia.

Menurutnya, langkah pertama menuju target tersebut dengan melakukan pembinaan pegawai UPQ yang berlangsung di Yogyakarta sejak 1 hingga 4 Maret 2023.

Setelah itu akan dilakukan berbagai upaya dalam proses transformasi percetakan Al Quran agar mampu meningkatkan dari segi kualitas maupun kuantitas.

Di sisi lain Kamaruddin mengapresiasi para pegawai UPQ yang bekerja mencetak kitab suci Al Quran.

"Teman-teman ini adalah pengurus Al Quran yang setiap hari bekerja keras mengurus Al Quran, saya kira itu suatu yang harus kita apresiasi bersama. Terus berkolaborasi mewujudkan percetakan Al Quran berkualitas dan terbesar," kata dia.

Baca juga: UPQ Akan Cetak 35.000 Mushaf Alquran
Baca juga: KKB inisiasi penerbitan Al Quran terjemahan bahasa Dayak Bakumpai

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023