Gorontalo (ANTARA) - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sedang menyiapkan konsep desain besar olahraga daerah (DBOD) di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo untuk mendukung keberhasilan desain besar olahraga nasional (DOBN)

"Setiap daerah memiliki karakteristik dan kearifan lokal yang berbeda dengan daerah lainnya. sehingga desain besar olahraga daerah menjadi penting," ujar Rektor Universitas Negeri Gorontalo Eduart Wolok di Gorontalo, Rabu.

Rektor mengaku, UNG juga berperan besar dalam bidang pendidikan olahraga dan kesehatan, yaitu memiliki fakultas, jurusan dan sumber daya manusia yang representatif.

"UNG adalah perguruan tinggi penghasil para guru olahraga di Provinsi Gorontalo dan Teluk Tomini," kata Eduart Wolok.

Ia menegaskan, Universitas Negeri Gorontalo siap mendukung program Kemenpora khususnya dalam implementasi DBON, apalagi jika diimplementasikan dalam bentuk peraturan daerah.

Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dipayungi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 mengatur dari hulu sampai ke hilir olahraga nasional.

Hulu DBON adalah kebugaran masyarakat, dan hilirnya prestasi olahraga di tingkat dunia.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, di Indonesia, kepedulian terhadap olahraga masih sangat kurang dan tidak seperti perhatian pada sektor-sektor lain, padahal olahraga berperan penting dalam untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Pada 16 September 2022 silam, Rektor UNG Eduart Wolok dengan 11 Rektor Perguruan Tinggi Negeri Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan
(LPTK) menandatangani nota kesepahaman tentang pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi dalam mendukung penyelenggaraan DBON.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023