Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Barat membagikan ratusan paket berisi makanan bergizi kepada warga kurang mampu agar terhindar dari penyakit dan potensi tengkes atau stunting.

"Ada 300 kotak (boks) makanan yang kita bagikan kepada warga slum area. Ini kita bagikan demi membantu warga dalam mendapatkan gizi terbaik," kata Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Fernando Saharta Saragih saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Paket makan tersebut berisi nasi dan lauk-pauk yang bergizi. Tidak lupa unsur empat sehat lima sempurna seperti sayur dan susu terdapat dalam kotak makanan tersebut.

Paket makanan itu dibagikan petugas di kawasan Jalan Taman Kota RT 01/RW 06 Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Fernando menjelaskan, warga antusias saat mobil pembawa makanan dari Polres Metro Jakarta Barat tiba di lokasi. Penduduk sekitar hingga ojek daring (online) dan pekerja yang melintas di lokasi tersebut juga mendapat makanan siap saji itu.

Baca juga: 96,3 persen KK di Jakarta Barat sudah punya tangki septik layak
Baca juga: Pemkot Jakbar terima bantuan 130 tandon air dari PAM Jaya

Mereka mengantre dengan tertib sambil diarahkan oleh petugas Kepolisian yang ada di lokasi. Sebanyak 300 paket makanan habis di lokasi tersebut.

Fernando memastikan kegiatan ini akan terus dilakukan setiap minggu guna memastikan warga yang membutuhkan mendapatkan gizi dari makanan yang layak.

Selain Kepolisian, (Pemkot) Jakarta Barat juga melakukan beragam program guna menangani stunting. Salah satunya, yakni membangun tangki septik gratis di beberapa kawasan padat penduduk dalam program "Jumat Berfaedah".

Tangki septik tersebut dibangun agar warga tidak membuang kotoran ke aliran kali atau sungai yang ada di dekat rumah. Dengan demikian, warga dapat tinggal di lingkungan yang bersih dan terhindar dari potensi tengkes atau stunting.
Baca juga: Pemkot Jakbar targetkan sekolah gunakan PLTS
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023