Cisumdawu kami harapkan lebaran tahun ini seluruh ruasnya beroperasi penuh.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menargetkan Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) dan Jalan Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan segmen Kutanegara - Sadang beroperasi pada Lebaran 2023.

"Cisumdawu kami harapkan lebaran tahun ini seluruh ruasnya beroperasi penuh," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Hedy juga mengatakan bahwa selain Tol Cisumdawu, Bina Marga juga menargetkan Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan untuk segmen Kutanegara - Sadang yang selama ini fungsional bisa beroperasi pada Lebaran 2023.

"Selain itu diharapkan juga Jalan Tol Japek II Selatan untuk segmen Kutanegara - Sadang bisa dibuka secara operasional," katanya.

Baca juga: Menteri PUPR target Tol Cisumdawu beroperasi seluruhnya Februari 2023

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengupayakan Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) dapat beroperasi secara keseluruhan pada akhir Februari.

Kementerian PUPR mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat.

Penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 62 km sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban, serta pengembangan ekonomi kawasan Pantura Jawa Barat, mulai dari Cirebon, Indramayu, Majalengka hingga Kuningan (Ciayu Majakuning) Jawa Barat.

Baca juga: Menteri PUPR: Tol Probolinggo-Banyuwangi ruas pamungkas Tol Trans Jawa

Basuki juga Basuki Hadimuljono menginstruksikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk melakukan percepatan penyelesaian pembangunan Japek Selatan secara bertahap, utamanya pada Seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 km.

Jalan tol tersebut diharapkan bisa diselesaikan seluruhnya pada 2024. Sedangkan untuk Lebaran 2023 diupayakan penyelesaian sampai dengan Gerbang Tol Sukabungah, sementara tahun 2024 selesai hingga Gerbang Tol Jati Asih.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023