Makassar (ANTARA) - Tim dokter Universitas Hasanuddin, Makassar memperkuat tim Kementerian Kesehatan RI untuk membantu korban gempa di Turki.

"Tim dokter dari Universitas Hasanuddin yang merupakan dokter ahli di bidang masing-masing sebanyak 5 orang, hari ini berangkat bersama tim Kementerian Kesehatan untuk membantu pemerintah Turki," kata Kepala Biro Komunikasi Unhas Dr Ahmad Bahar di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan tim dokter Unhas bersama tim Kementerian Kesehatan sudah berangkat dengan pesawat Garuda hari ini ke Jakarta, lalu bergabung dengan Tim Kemenkes menuju Turki dengan pesawat Hercules.

Salah seorang dari tim dokter Unhas Prof Dr Idrus A Paturusi mengatakan, tim dokter dari Unhas yang dikirim ke Turki ini untuk membantu para korban gempa bumi magnitudo 7,8.

Dia mengatakan ini adalah tugas kemanusiaan dan semua negara memiliki tanggung jawab untuk memberikan bantuan, termasuk bantuan di bidang kesehatan.

Tim dokter Unhas ini bukan pertama kali menjalankan tugas kemanusiaan ke luar negeri, tetapi sudah memiliki jam terbang yang tinggi membantu korban bencana di berbagai belahan dunia.  

"Kita doakan semoga tim dokter Unhas dan tim Kemenkes dapat dilancarkan dalam menjalankan amanah dari negara untuk tugas kemanusiaan," harap Bahar.

Mengenai, jangka waktu bertugas di lokasi gempa, ia mengatakan, belum mendapat informasi, namun diyakini jangka waktu bertugas di lokasi bencana akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.  

Baca juga: Muhammadiyah kirim layanan medis bantu evakuasi korban gempa Turki

Baca juga: Uni Eropa kirim 27 tim penyelamat ke Turki, bantu korban gempa

Baca juga: Indonesia salurkan bantuan kemanusiaan ke Turki

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023