Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) mengandalkan ilmu keolahragaan atau sports science dalam menjalankan proses seleksi nasional (seleknas) menuju pemusatan latihan nasional (pelatnas) cabang olahraga esports SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

Menurut Wakil Ketua Badan Tim Nasional Esports SEA Games Kamboja 2023 Christian Surjadi seleknas menerapkan berbagai ilmu pengetahuan, termasuk ilmu kepelatihan, untuk memilih talenta terbaik yang mewakili Indonesia.

"Komitmen kami sangat jelas, bahwa tahap Seleknas adalah tahap dimana kami akan melakukan seleksi yang sebaik-baiknya, berdasarkan analisis yang sangat komprehensif dari pelatih dan tenaga profesional, mengandalkan sports science, serta terus mencermati dinamika," ujar Christian, yang juga merupakan Kepala Bidang Pelatih dan Wasit PB ESI, dalam keterangan tertulis, Jumat.

Baca juga: PB ESI panggil atlet untuk seleknas SEA Games Kamboja 2023

"Sehingga kami benar-benar dapat memilih talenta-talenta terbaik bangsa yang punya rekam jejak prestasi yang mumpuni, mempunyai mental dan karakter yang terpuji, serta memiliki kebugaran fisik yang prima."

Tahap awal seleknas meliputi pengumuman pelatih Tim Nasional Esports SEA Games ke-32 Kamboja 2023, pengumuman dan pemanggilan atlet-atlet esport Tanah Air yang akan mengikuti seleksi menuju tahap pelatnas, serta serangkaian tes psikologi dan kesehatan yang dijadwalkan berlangsung hingga pekan depan.

Christian mengatakan jumlah atlet esports yang dipanggil awal pekan untuk mengikuti seleknas masih mungkin bertambah.

Sebelumnya, melalui akun sosial medianya, PB ESI telah mengumumkan sejumlah nama atlet yang diundang untuk mengikuti seleknas.

Baca juga: PB ESI diminta Menpora siapkan pelatnas sedini mungkin

Atlet-atlet tersebut akan diseleksi untuk masuk ke tahap berikutnya, yaitu tahap Pelatnas untuk beberapa nomor game yang akan dipertandingkan di SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

SEA Games ke-32 Kamboja 2023 akan mempertandingkan sembilan nomor game. Berdasarkan analis-analis dan proyeksi peluang, PB ESI mengajukan untuk dapat mengikuti enam nomor game.

Nomor-nomor gim tersebut adalah Mobile Legends: Bang Bang Men, Mobile Legends: Bang Bang Women, PUBG Mobile Squad, PUBG Mobile Solo, Valorant, dan CrossFire. Khusus untuk PUBG Mobile Squad, PB ESI mengajukan untuk dapat memberangkatkan sesuai dengan kuota yang disediakan penyelenggara, yaitu dua tim.

Baca juga: Menpora dan PB ESI bahas persiapan SEA Games Kamboja 2023

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023